Type to search

Sekitar Kita

Buruh Miliki Saham Pabrik Sawit Puluhan Miliar

Share
H. Rudy Ariffin (kanan), Gubernur Kalimantan Selatan menanda-tangani prasasti, didampingi Mardani H Maming. Bupati Tanah Bumbu

H. Rudy Ariffin (kanan), Gubernur Kalimantan Selatan menanda-tangani prasasti, didampingi Mardani H Maming. Bupati Tanah Bumbu

Kal-Sel | PT Batulicin Astro Sentosa (BAS) merupakan satu dari sekitar 20 (dua puluh) perusahaan pengolahan kelapa sawit yang berada di Desa Karang Bintang, Kecamatan Karang Bintang, Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan itu. Tapi siapa sangka, jika pemilik dari perusahaan yang asetnya senilai 130 miliar, sebanyak 42 miliar adalah milik para buruh kelapa sawit, dalam bentuk 16 ribu lembar saham.

Sebanyak 2.800 buruh sawit itu, menunjukkan jati diri mereka dengan mendirikan sebuah perusahaan dari dana hasil patungan yang dimulai secara swadaya sejak bulan Februari 2013 lalu. Hasil kerja keras para buruh sawit selama 2 (dua) tahun tersebut, kini berwujud perusahaan yang secara resmi diletakkan batu pertama oleh Bupati Tanah Bumbu, Mardani H. Maming bersama H. Rudy Arifin selaku Gubernur Kalimantan Selatan, Rabu (8/4/2015) lalu.

“Tentunya yang menjadi perhatian kita bersama adalah bagaimana tetap menjaga kestabilan harga sawit. Saya berharap ada regulasi baru dari pemerintah pusat agar tetap menjaga kestabilan harga. kita juga sudah  berdiskusi dengan Direktur Perkebunan akan menjadikan Crude Palm Oil (CPO) bahan bakar enegri ke depannya. dengan cara tersebut kita mampu mempertahankan kebutuhan akan CPO sekaligus dengan mempertahankan harganya. dan pada akhirnya kita berharap kelapa sawit ini akan memberikan kesejahteraan yang sebesar besarnya bagi para petani,” sebut Gubernur dalam pengantar peresmiannya.

Dikatakan Gubernur, berdirinya pabrik milik petani ini jelas bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan para petani kelapa sawit. “Artinya para petani tidak hanya sebagai pelengkap dari pembangunan perkebunan tetapi sektor plasmalah yang berada di garda terdepan industri perkebunan kelapa sawit,” tuturnya. (***Sol/Syh)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *