Rabu, 13 November 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
1.103

Digugat Kembali Setelah Gugatan Ditolak, PHI: Ne bis in idem

Gedung Pengadilan Negeri Surabaya.
Gedung Pengadilan Negeri Surabaya.
Gedung Pengadilan Negeri Surabaya.

Sidoarjo | Karena terbukti subyek atau pihak yang berperkara sama, dan obyek yang menjadi dasar gugatan juga sama dengan perkara Nomor 115/G/2013/PHI.Sby tanggal 10 Februari 2014, Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Surabaya menyatakan gugatan Supriadi, ne bis in idem.

Menurut PHI Surabaya, perkara yang dijadi obyek dalam gugatannya, telah pernah diputus oleh PHI Surabaya, dengan amar menolak gugatan Supriadi seluruhnya. Terhadap putusan tersebut, Supriyadi maupun pihak PT Widaya Inti Plasma selaku Tergugat, tidak mengajukan upaya hukum lain, sehingga telah berkekuatan hukum tetap.

PHI Surabaya menilai, terhadap obyek perkara yang telah digugat dan yang menjadi subyek perkara juga sama dengan putusan dalam perkara yang sudah pernah diperkarakan sebelumnya, maka perkara tersebut tidak dapat diajukan kembali. Sehingga tanpa harus menilai bukti-bukti lain yang diajukan Supriadi, PHI Surabaya enyatakan gugatan ne bis in idem.

“Menyatakan gugatan Penggugat ne bis in idem,” ujar Hakim Isjuaedi selaku Ketua Majelis Hakim PHI Surabaya membacakan amar putusan dalam perkara Nomor 15/G/2015/PHI.Sby, Senin (1/6) beberapa waktu lalu.

Supriyadi yang telah bekerja sejak tahun 1991, terpaksa mengajukan gugatannya yang kedua, Karena perusahaan tidak kunjung memberikan uang pesangon atas pengunduran dirinya pada bulan Mei 2011. Sedangkan perusahaan yang berlokasi di Jl. Industri Bringin Bendo No.8, Taman, Sidoarjo itu, menyatakan telah memberikan uang pisah pada tanggal 1 Februari 2012. (***Ys)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of