Senin, 18 November 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
590

Disuruh Tidur Bersama Hewan Peliharaan, TKI di Hongkong Mengeluh

Angle, saat istirahat di malam hari.
Angle, saat istirahat di malam hari.
Angle, saat istirahat di malam hari.

Hongkong | Paspor dan Kontrak Kerja saya ditahan oleh Agen di Hongkong, gaji saya dipotong 2145 HK$ perbulan selama 6 bulan, demikian pernyataan, seorang Buruh Migran Indonesia (BMI/TKI) di Hongkong, sebut saja Angle, saat mengadukan permasalahan yang dialaminya kepada Serikat Pekerja Indonesia Luar Negeri (SPILN),  Selasa (30/6/15).

Lanjut, kata Angle, dirinya dipekerjakan secara tidak manusiawi, kerja hingga larut malam dan tidur bareng hewan peliharaan majikan (anjing) di lantai. Kerja urus kakek strooke, mandiin anjing, naik turun dari tower satu ke tower empat sampai kakinya bengkak. Selain itu, bersih-bersih dua rumah. “Sudah dipotong 2145 HK$, masih kena potongan lagi 550 HK$ selama 6 bulan ya saya menolaknya,” tegas Angle kepada SPILN via Telepon untuk memperjelas.

Angle, ia sudah membayar potongan yang 2145 HK$ satu kali, dan sisanya ia menginginkan untuk tidak membayarnya karena dirinya eks TKI dan untuk biaya potongan Eks TKI tak lebih dari 2 juta rupiah. Jangan ada lagi TKI/BMI yang tertipu oleh Perusahaan Pengirim dan Agen di luar negeri, dirinya berharap Pemerintah dapat menindak tegas para perusahaan nakal yang memanfaatkan ketidaktauan para calon TKI/TKI yang akan berangkat ke luar negeri.

Atas laporan tersebut, SPILN meminta Pemerintah, khususnya Kementrian Ketenagakerjaan dan Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) untuk bisa tegas memberikan sanksi kepada perusahaan yang telah melakukan kesalahan dan tidak menjalankan Permenakertrans Nomor 22 Tahun 2014 Tentang Pelaksana Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia di Luar Negeri.

Untuk diketahui, Angle mengaku berangkat melalui PT. Mitra Sinergi Sukses yang berdomisili di Malang, Jawa Timur. Dan Agen yang di Hongkong bernama Megasea yang beralamat di F17 Mc donald’s side causway bay. Dirinya berharap Paspor dan kontrak kerja serta KTP Hongkong miliknya dikembalikan. (***Is)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of