Sabtu, 23 November 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
985

IPIT Desak KDEI Perhatikan Kesejahteraan TKI Informal di Taiwan

ipitTaiwan | Ikatan Pekerja Indonesia Taiwan (IPIT) Mendesak Perwakilan Pemerintah Indonesia di Taiwan (KDEI) untuk memperjuangkan kenaikan gaji TKI sektor informal, sektor formal saat ini gaji pokoknya berkisar NT 19.273/bulan (gaji pokok) belum termasuk lembur. sedangkan untuk sektor informal hanya NT 15.840/bulan.

“Untuk TKI sektor formal setiap minggu dapat jatah libur, jika waktu libur mereka kerja dapat uang lembur. Tapi untuk sektor informal, selain tidak ada libur mereka juga bekerja hingga larut malam dan tak dapat uang lembur. Ini sungguh tak adil,” ujar Segoro Kidul (akun FB), salah satu perwakilan IPIT kepada buruhonline.com via sosial media, Minggu, (21/6).

Lanjut, kata Segoro, beberapa waktu lalu IPIT pernah mengundang KDEI untuk berdialog terkait hal tersebut, namun hingga kini belum ada perubahan atau perbaikan. “Sektor formal sudah naik gajinya dua kali, sedangkan sektor informal belum sama sekali,” tambah Segoro.

IPIT dalam waktu dekat ini akan kembali mengundang atau mendatangi KDEI guna membahas tindak lanjut hal ini, Semoga KDEI dapat mempertimbangkan usulan dari kami agar TKI sektor informal semakin baik kesejahteraannya dan minimal ada hari liburnya, tutup Segoro yang juga seorang TKI di Taiwan. (***Is)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of