Type to search

Berita

MA Benarkan PHI Bandung Kesampingkan Surat Pengangkatan

Share

54surat pengangkatanBogor | Surat Pengangkatan yang diterbitkan oleh PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk., kepada pekerja lain yang mempunyai jabatan yang sama, tidak dijadikan sebagai bahan pertimbangan, bahkan dikesampingkan karena dianggap tidak ada relevansinya dengan gugatan pemutusan hubungan kerja yang diajukan oleh Irvan Andriana, dkk (11 orang) di Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Bandung.

Irvan mengajukan bukti berupa Surat Pengangkatan Ariyadi, teman sekerjanya yang telah diangkat menjadi pekerja tetap di PT Sumber Alfaria Trijaya, dengan jabatan sebagai Helper seperti jabatan Irvan, dkk. Bukti tersebut diajukan, guna menunjukkan kepada Majelis Hakim PHI Bandung, bahwa jabatan Helper di perusahaan jasa penjualan tersebut adalah bersifat tetap, terus menerus, serta tidak dapat dijadikan obyek pekerjaan dengan perjanjian kerja waktu tertentu (kontrak).

Irvan, dkk yang rata-rata bekerja sejak tahun 2010, mengalamai pemutusan hubungan kerja karena jangka waktu kontrak selesai pada akhir tahun 2013, sebelum diangkat menjadi pekerja tetap seperti Ariyadi. Sehingga, Irvan mengajukan gugatan perselisihan pemutusan hubungan kerja ke PHI Bandung, untuk meminta perusahaan menetapkan hubungan kerjanya sebagai pekerja tetap, dan mempekerjakan kembali ditempat semula dengan membayar upah selama tidak dipekerjakan.

Terhadap gugatan Irvan, dkk yang diregister dengan perkara Nomor 112/G/2014/PHI/PN.Bdg, PHI Bandung pada tanggal 16 September 2014, menolak gugatan Irvan, dkk seluruhnya. PHI menganggap pekerjaan sebagai Helper yang mempunyai tugas melakukan koordinasi dan memberikan laporan kepada atasan secara langsung, menjaga alat-alat kerja, serta tidak menyalah-gunakan jabatan, merupakan obyek pekerjaan yang dapat diperjanjikan dengan perjanjian kerja kontrak.

Tak terima dengan Putusan PHI Bandung, Irvan mengajukan permohonan kasasi ke Mahkamah Agung pada tanggal 30 September 2014, sebagaimana ternyata dari Akta Pernyataan Permohonan Kasasi Nomor 72/Kas/G/2014/PHI/PN.Bdg. yang diikuti dengan memori kasasi tanggal 14 Oktober 2014.

Irvan beralasan, tidak adanya perbedaan obyek pekerjaan antara dirinya dengan Ariyadi, yang telah diangkat menjadi pekerja tetap. Namun, Mahkamah Agung tidak dapat membenarkan alasan kasasi Irvan. Menurut MA, PHI Bandung telah benar dalam menerapkan hukum, dan memutuskan berakhirnya hubungan kerja antara Irvan, dkk dengan perusahaan yang berkantor cabang di Kawasan Industri Menara Permai Kav. 18, Cileungsi, Kabupaten Bogor itu. Karena berakhirnya perjanjian kerja waktu tertentu. Sehingga, permohonan kasasi Irvan, dkk ditolak oleh MA, sebagaimana tertuang dalam Putusan Nomor 706 K/Pdt.Sus-PHI/2014 tanggal 11 Februari 2015. (***Ys)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Up