Selasa, 12 November 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
626

Mogok Tidak Sah, Wafer Tango Lolos Dari Tuntutan Empat Belas Miliar

Ilustrasi.
Ilustrasi.

Karawang | Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Bandung, Selasa (5/5/2015), menyatakan menolak tuntutan Aam Aminah, dkk (259 orang) sebesar Rp.14,8 miliar terhadap PT Ultra Prima Abadi. Dalam amar putusannya Nomor 202/Pdt.Sus-PHI/2014/PN.Bdg, perusahaan produsen wafer tango tersebut hanya dihukum membayar uang pisah kepada Aam Aminah, dkk.

Majelis Hakim PHI Bandung menilai, mogok kerja yang dilakukan oleh Aam Aminah, dkk sejak tanggal 28 April 2014, dengan tuntutan pemberian upah sundulan adalah tidak sah. Karena mogok kerja yang dilakukan bukanlah akibat dari gagalnya sebuah perundingan, dan tidak terbukti dalam risalah perundingan. Sehingga PHI Bandung menyatakan hubungan kerja antara para pekerja dengan pihak perusahaan berakhir sejak tanggal 14 Mei 2014, dengan kualifikasi mengundurkan diri.

Selain itu, terhadap perselisihan yang dijadikan alasan gugatan oleh Aam Aminah, dkk, sebelumnya telah menghasilkan Perjanjian Bersama (PB) antara perusahaan dengan pihak serikat pekerja selaku penerima kuasa. Dalam PB tertanggal 15 Juli 2014 itu, disepakati rumusan jumlah kompensasi pengakhiran hubungan kerja, dan telah pula didaftarkan di PHI Jakarta Pusat pada 19 September 2014.

Meskipun Aam Aminah, dkk hingga gugatan diajukan tidak dapat menerima rumusan kompensasi PHK yang telah disepakati dengan pengurus serikat pekerja. Akan tetapi menurut Majelis Hakim PHI Bandung, PB tersebut mengikat secara hukum Aam Aminah, dkk, karena pencabutan surat kuasa dilakukan setelah PB ditanda-tangani oleh serikat pekerja dan perusahaan yang berlokasi di Jl. Kosambi Curug RT. 010/03, Dusun Mangga Besar I, Desa Walahar, Kec. Klari, Kab. Karawang itu.

Atas pertimbangan demikian, PHI Bandung selain menyatakan menolak gugatan dan penetapan pemberian uang pisah. Dalam amar putusannya juga menyatakan sah dan berharga Akta Bukti Pendaftaran Perjanjian Bersama tertanggal 19 September 2014, yang didaftarkan di PHI Jakarta Pusat. (***Ys)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of