Type to search

Berita

Pekerja Tuntut PHK, PHI Putus Kerja Kembali

Share
Ilustrasi.

Ilustrasi.

Bekasi | Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Bandung, menghukum PT Fyrom Internasional, yang berlokasi di Jalan Raya Narogong, Km. 14, Gang Awis, No. 8, Kota Bekasi, untuk mempekerjakan kembali Yuda Ambara, dkk (28 orang) terhitung sejak putusan dibacakan, Selasa (17/3/2015) lalu.

Majelis Hakim PHI Bandung yang diketuai oleh Maringan Marpaung, menolak tuntutan Yuda Ambara, dkk yang meminta diputuskan hubungan kerja, asal diberikan uang pesangon sebesar 2 (dua) kali ketentuan Pasal 156 ayat (2), uang penghargaan masa kerja dan penggantian hak sesuai Pasal 156 ayat (3) dan ayat (4) Undang-Undang Nomor 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, yang seluruhnya berjumlah Rp.684,6 juta.

Menurut PHI Bandung, pemutusan hubungan kerja yang dilakukan oleh PT Fyrom Internasional dan meskipun disetujui pekerja asalkan diberikan uang pesangon, merupakan penyimpangan dari prinsip penyelenggaraan penanaman modal, yang salah satunya adalah menciptakan lapangan kerja. Selain itu, PHK juga mengakibatkan Yuda, dkk akan kehilangan mata pencaharian, sedangkan senyatanya perusahaan masih dapat melakukan aktifitas usahanya.

Selain itu, PHI Bandung juga menolak tuntutan upah selama tidak dipekerjakan yang diajukan Yuda sebesar Rp.1 miliar lebih. Karena sejak bulan Juli 2013, Yuda, dkk telah tidak melakukan kewajibannya sebagai pekerja disebabkan aksi unjuk rasa yang dilakukan tidak memenuhi ketentuan Pasal 140 UU Ketenagakerjaan, sejak tanggal 23 Juli 2013.

“Sesuai dengan prinsip dan asas ketenagakerjaan yaitu No Work No Pay sebagaimana ditegaskan dalam Pasal 93 ayat (1) UU Ketenagakerjaan,  maka dengan demikian terhadap petitum pekerja Nomor 3 haruslah ditolak,” tegas Hakim Maringan saat membacakan pertimbangan hukum atas putusan perkara gugatan pemutusan hubungan kerja yang diajukan Yuda, dkk tanggal 22 September 2014 dengan Register No. 157/Pdt.Sus-PHI/2014/PN.Bdg. (***Ys)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *