Type to search

Berita

PHI Nilai PHK Sah, Gugatan Kerja Kembali Ditolak

Share
Ilustrasi.

Ilustrasi.

Sidoarjo | Gugatan Yossy Eka Kusumastuti, dkk (24 orang) terhadap PT Langgeng Makmur Industri Tbk., ditolak seluruhnya oleh Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Surabaya, Senin (01/06) lalu. Yossy menggugat perusahaan tempatnya bekerja itu, dengan tuntutan dipekerjakan kembali dan membayar kekurangan upah lembur serta upah selama tidak dipekerjakan sejak Januari 2013.

Dalam pertimbangan hukumnya, Majelis Hakim PHI Surabaya yang diketuai oleh Hakim Jihad Arkanuddin, menilai hubungan kerja antara Yossy dan kawan-kawannya dengan PT Langgeng, dapatlah dinyatakan berakhir karena kualifikasi mengundurkan diri dengan segala akibat hukumnya, sebagaimana dimaksud ketentuan Pasal 168 Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan.

Yossy dianggap terbukti tidak masuk bekerja selama 5 (lima) hari berturut-turut, sejak tanggal 7 Nopember 2012 hingga 12 Nopember 2012, tanpa keterangan tertulis dan telah dipanggil untuk bekerja kembali secara patut serta tertulis oleh PT Langgeng pada tanggal 8 dan 13 Nopember 2012.

Ketidakhadiran Yossy di perusahaan yang berlokasi di Jl. Letjen Sutoyo, No. 256, Waru, Sidoarjo itu, bukanlah tanpa alasan, mereka tidak bersedia membawa surat permohonan bekerja. Sebab peralihan hubungan kerja tenaga kerja dari PT Kharisma Selaras atau PT Anugerah Bintang Jasa, tidak memerlukan surat permohonan, melainkan langsung dapat masuk bekerja seperti biasa tanpa syarat apapun.

Namun Majelis Hakim mempunyai pendapat lain. Dalam putusannya Nomor 19/G/2015/PHI.Sby, gugatan Yossy ditolak seluruhnya, meskipun Majelis Hakim mempertimbangkan pemutusan hubungan kerja dengan kualifikasi mengundurkan diri, yang menurut ketentuan Pasal 168 UU Ketenagakerjaan masih berhak atas uang pisah dan penggantian hak. (***Ys)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *