Rabu, 18 September 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
511

Telah Capai Kesepakatan Pesangon Dengan Serikat, Gugatan Ditolak

Ilustrasi.
Ilustrasi.

Bekasi | Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Bandung, menolak gugatan yang diajukan Kukuh Barliyanto terhadap PT Murinda Iron Steel, Senin (16/2/2015) lalu. Majelis Hakim PHI Bandung menilai, tidak ada lagi perselisihan hubungan industrial karena telah tercapai kesepakatan antara perusahaan dengan kuasa hukum pekerja yang dibuktikan dengan Perjanjian Bersama, dan telah pula didaftar di PHI Bandung.

Majelis Hakim menolak dalil Kukuh yang menyatakan dirinya hingga saat ini tidak menerima uang pesangon yang telah disepakati dengan pihak serikat pekerja yang dirinya berikan surat kuasa sejak tanggal 7 Oktober 2013. Sedangkan, perusahaan telah menyerahkan uang kompensasi PHK atas nama Kukuh kepada serikat pekerjanya pada tanggal 25 Februari 2014. Namun, Kukuh tidak bersedia menerima uang pesangon tersebut, karena dirinya masih menginginkan bekerja kembali.

Dalam pertimbangannya, Majelis Hakim menilai Surat Kuasa yang diberikan Kukuh kepada salah satu Pengurus DPC Serikat Pekerja adalah sah sesuai dengan Pasal 1313 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata. Sehingga segala sebab dan akibat yang timbul dari pemberian kuasa tersebut menjadi tanggung jawab sepenuhnya pemberi kuasa, sebagaimana yang ditentukan dalam Pasal 1807 KUHPerdata.

“Menimbang, bahwa dengan demikian Majelis berpendapat, dengan mempertimbangkan ketentuan-ketentuan hukum diatas dan telah diterimanya kesepakatan PHK dan diterima sejumlah uang pesangon dan hak-hak lainnya Penggugat oleh kuasanya pada tanggal 25 Februari 2014, maka perselisihan di antara Penggugat dan Tergugat dinyatakan selesai dan sesuai dengan perintah undang-undang, Pasal 7 ayat 2 UU No. 2/2004 tentang PPHI, maka kedua belah pihak wajib melaksanakan isi perjanjian bersama yang disepakatinya tersebut,” jelas Hakim Sucipto selaku Ketua Majelis Hakim PHI Bandung yang memeriksa gugatan Kukuh.

 “Menolak gugatan Penggugat untuk seluruhnya,” ucap Hakim Sucipto membacakan amar Putusan yang diregister di Kepaniteraan PHI Bandung Nomor 176/Pdt.Sus-PHI/2014/PN.Bdg antara Kukuh Barliyanto melawan PT Murindo Iron Steel yang berlokasi di Kawasan Industri Sarana Terpadu, KM. 2, Pasir Gombong, Cikarang Utara, Bekasi. (***Ys)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of