Sabtu, 14 Desember 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
405

Tidak Memiliki Kaitan Erat, PHI Nyatakan Keliru Penggabungan Gugatan

Ilustrasi.
Ilustrasi.

Karawang | Gugatan Adam Malik Wibowo, dkk (5 orang) terhadap PT Mesindo Putra Perkasa, dinyatakan tidak dapat diterima (Niet Onvankelijkeverklaard) oleh Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Bandung, Rabu (15/10/2014) lalu. Majelis Hakim beralasan didalam gugatan tersebut, terdapat 3 (tiga) fakta hukum yang berbeda dan dijadikan dalam satu gugatan.

Adam Malik Wibowo selaku Penggugat I, mendalilkan pemutusan hubungan kerja terhadap dirinya, adalah karena diakhiri hubungan kerja waktu tertentunya (kontrak) setelah melewati 3 (tiga) hari dari jangka waktu yang telah disepakati. Lalu Lucky Chandra Januardi, Enceng Anas dan Amas Mashur selaku Penggugat II, III, IV, diputuskan hubungan kerja karena habis masa kontrak yang dianggap bertentangan dengan Perjanjian Bersama. Sedangkan Didi Sumardi selaku Penggugat V, diputuskan hubungan kerja karena dianggap telah melakukan kesalahan berat.

Menurut Majelis Hakim, suatu gugatan dapat digabung, apabila mempunyai peristiwa dan kepentingan yang sama. Sedangkan gugatan dalam perkara yang diregister dengan Nomor 201/Pdt.Sus-PHI/2014/PN.Bdg, peristiwa dan kepentingan hukumnya berlainan serta berdiri sendiri antara Penggugat I dan Penggugat II, III, IV dengan Penggugat V.

“Sekalipun petitumnya sama karena bukti yang akan mendukungnya berbeda, sehingga tidak memungkinkan dilakukan proses penyelesaian yang tuntas dalam satu putusan yang berbeda,” jelas Hakim Harry Suptanto selaku Ketua Majelis Hakim membacakan amar pertimbangan hukum.

Terhadap pertimbangan tersebut, Majelis Hakim menyimpulkan gugatan Adam Malik Wibowo, dkk terhadap PT Mesindo Putra Perkasa yang berlokasi di Jl. Maligi Raya, Lot. D 1B – 1C, Kawasan Industri KIIC, Karawang, tidak memenuhi syarat formal sebuah gugatan, karena putusannya harus dipisahkan satu dengan yang lainnya dan tidak dapat digabung dalam peristiwa yang berbeda. (***Ys)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of