Type to search

Jaminan Sosial

Di-PHK Sebelum Juli 2015, Dana JHT Dapat Dicairkan Penuh

Share

74logo-bpjs-ketenagakerjaanJakarta | Direktur Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan, Elvyn Masassya mengatakan, para pekerja yang diputuskan hubungan kerjanya sebelum 1 Juli 2015, tetap dapat mencairkan dana Jaminan Hari Tua (JHT) sepenuhnya di kantor-kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan.

Kebijakan tersebut diambil dalam rangka menjawab ketidak-setujuan unsur pekerja atas Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 46 Tahun 2015 tentang Pencairan Jaminan Hari Tua (JHT). Dalam PP tersebut, BPJS Ketenagakerjaan hanya dapat mencairkan dana JHT setelah masa kepesertaan JHT pekerja lebih dari 10 tahun. Meskipun demikian, pencairannya tidak dapat dilakukan sekaligus, tetapi hanya 10% dari saldo JHT. Sedangkan pencairan sepenuhnya hanya dapat dilakukan setelah pekerja berumur 56 tahun.

Muji Handaya, Direktur Jenderal Pembinaan dan Pengawasan Ketenagakerjaan pada Kementerian Ketenagakerjaan RI, membenarkan adanya edaran dari BPJS Ketenagakerjaan terkait pencairan dana JHT sepenuhnya bagi yang ter-PHK sebelum Juli 2015.

“Bagi yang ter-PHK sebelum 1 Juli itu pakai ketentuan lama. Saya sudah mengeluarkan surat agar itu dapat dilayani untuk pencairannya,” jelas Muji dihadapan para perwakilan serikat pekerja dikantornya, Jl. Jend. Gatot Soebroto, Jakarta, Selasa (7/7/2015). Lebih lanjut Muji mengatakan, “Jadi sekarang sudah jalan. Saya sudah menerima juga surat edaran Pak Elvyn (baca : Direktur BPJS Ketenagakerjaan) atas kelanjutan surat saya kepada seluruh cabang itu dapat dilaksanakan”. (***Ys)

1 Comment

  1. Borobudur Cinema 10 Agustus 2015

    Beritanya Bener ga tuch???

    Balas

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *