Sabtu, 20 Juli 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
745

Dianggap Tak Miliki Legal Standing, MA Ubah Putusan PHI

Gedung Mahkamah Agung, Jakarta.
Gedung Mahkamah Agung, Jakarta.

Pasuruan | Mahkamah Agung (MA) membatalkan Putusan Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Surabaya, atas perkara pemutusan hubungan kerja yang dilakukan oleh PT Surabaya Rending Plastik terhadap Misnari, dkk (13 orang). PHI Surabaya dalam putusannya Nomor 140/G/2013/PHI.Sby tanggal 26 Mei 2014, mengabulkan gugatan Misnari dengan menyatakan hubungan kerjanya menjadi pekerja tetap.

PHI Surabaya juga menghukum perusahaan yang berlokasi di Jl. Raya Rembang Industri Nomor 1/1-3A, PIER, Kabupaten Pasuruan itu, untuk membayar upah selama tidak mempekerjakan Misnari, dkk sejak Januari 2013 sebesar Rp.134 juta lebih.

MA menilai alasan kasasi yang diajukan oleh perusahaan pada tanggal 23 Juni 2014, dapat dibenarkan. Dalam putusannya Nomor 640 K/Pdt.Sus-PHI/2014, MA menyatakan kedudukan hukum (legal standing) dari penerima kuasa Misnari, dkk tidak sah, karena tidak sesuai dengan Pasal 87 Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2004 tentang Penyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial.

Majelis Hakim tingkat Kasasi yang diketuai oleh Hakim Yulius, berpendapat bahwa pengurus pusat serikat pekerja yang mewakili Misnari, dkk merupakan federasi serikat pekerja yang tidak diberikan kuasa substitusi, dan tidak pula mempunyai anggota serikat pekerja di perusahaan PT Surabaya Rending Plastik.

Dalam dalil gugatannya, Misnari dkk mengakui pembentukan serikat pekerjanya baru mendapatkan nomor bukti pencatatan dari Dinas Tenaga Kerja, Sosial dan Transmigrasi Kabupaten Pasuruan pada tanggal 13 Januari 2013. Sedangkan perusahaan telah tidak lagi mempekerjakan Misnari sejak 29 Desember 2012.

“Menyatakan gugatan Penggugat tidak dapat diterima,” ujar Hakim Yulius membacakan amar putusan, Rabu (21/1/2015) dalam sidang yang terbuka untuk umum di Gedung MA, Jakarta, tanpa dihadiri oleh pihak pekerja dan perusahaan. (***Jm)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of