Senin, 23 September 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
593

Hakim Suwanto Nyatakan Kontrak PT Shinta Budhrani Langgar UU

Ilustrasi.
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Bekasi | Perjanjian kerja waktu tertentu (yang umum disebut kontrak kerja), yang dibuat oleh PT Shinta Budhrani Industries dengan seorang karyawatinya, Roberta Ernawati divonis telah melanggar Pasal 59 Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, sehingga harus dinyatakan menjadi pekerja tetap, sebut Hakim Suwanto yang menjadi Ketua Majelis Hakim Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Bandung, Rabu (3/6/2015).

Menurut Hakim Suwanto, bagian weaving tempat Ernawati dipekerjakan oleh perusahaan tekstil yang berlokasi di Jl. HOS Cokroaminoto, Kam. 51, No. 133, Kalijaya, Cikarang, Bekasi tersebut, sifat pekerjaannya terus menerus, tidak terputus-putus dan merupakan bagian dari proses produksi.

“Oleh karenanya Perjanjian Kerja Waktu Tertentu antara Penggugat yang bekerja dibagian weaving dengan Tergugat tidak dapat dilakukan dengan Perjanjian Kerja Waktu Tertentu, dengan demikian berdasarkan Pasal 59 ayat 7 Juncto Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia No. 100/Men/VI/2004 Pasal 15, demi hukum menjadi Perjanjian Kerja Waktu Tidak Tertentu terhitung sejak adanya hubungan kerja yaitu sejak tanggal 7 Mei 2012,” papar Hakim Suwanto.

Dalam putusan setebal 27 halaman yang diregister dengan perkara Nomor 08/Pdt.Sus-PHI/2015/PN.Bdg itu, PHI Bandung mengabulkan gugatan Ernawati yang menuntut perusahaan membayar uang pesangon sebesar 2 (dua) kali ketentuan Pasal 156 ayat (2) UU Ketenagakerjaan.

Sebelumnya Ernawati telah menolak tawaran perusahaan yang akan memberikan sisa kontrak sebesar 1 (satu) bulan gaji dan uang kompensasi sebesar Rp.5 juta. Meskipun di PT Shinta Budhrani Industries terdapat 2 (dua) serikat pekerja, yakni Serikat Pekerja Nasional (SPN) dan Ikatan Serikat Buruh Indonesia (ISBI). Tetapi Ernawati lebih memilih Advokat, Sukpandiar untuk mengurus masalah pemutusan hubungan kerjanya sejak bulan Agustus 2013 di PHI Bandung. (***Jm)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of