Jumat, 20 September 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
955

PHI Palembang Masih Gunakan Kepmenaker Tetapkan Pesangon

Ilustrasi.
Ilustrasi.

Palembang | Meskipun penerimaan besaran uang pesangon telah ditentukan pengaturannya dalam Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, namun Majelis Hakim Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Palembang masih menggunakan Keputusan Menteri Tenaga Kerja Nomor 150 Tahun 2000, sebagai dasar menetapkan uang pesangon.

Dalam perkara pemutusan hubungan kerja yang diajukan oleh Angreka Purba pada tanggal 3 Desember 2014 di PHI Palembang, melawan PT Pharos Indonesia dengan register perkara Nomor 26/Pdt.Sus-PHI/2014/PN.Plg, PHI Palembang gunakan Pasal 27 ayat (1) yang menyatakan, dalam hal pemutusan hubungan kerja perorangan bukan karena kesalahan pekerja/buruh tetapi pekerja/buruh dapat menerima pemutusan hubungan kerja, maka pekerja/buruh berhak atas uang pesangon paling sedikit 2 (dua) kali, dst…. .

Penerapan Pasal 27 ayat (1) Kepmenaker 150 Tahun 2000 oleh Hakim Deson Togatorop selaku Ketua Majelis Hakim PHI Palembang, dikarenakan segala ketentuan peraturan pelaksana yang pernah ada tetap dapat berlaku sepanjang tidak bertentangan dengan UU 13/2003, sebagaimana diatur secara khusus dalam Pasal 191.

Selain itu, Hakim Deson pada Rabu (18/3/2015), juga turut mempertimbangkan adanya tuntutan subsidair yang diajukan oleh Angreka, yakni mohon putusan yang seadil-adilnya. Sehingga, pemutusan hubungan kerja yang dilakukan oleh perusahaan terhitung sejak tanggal 11 Agustus 2014, harus disertai dengan uang pesangon yang jumlah seluruhnya sebesar Rp.40,4 juta.

Untuk diketahui, Angreka yang telah bekerja sejak Juni 2005 dengan upah terakhir sebesar Rp.2,1 juta perbulan itu, terpaksa menggugat perusahaan tempatnya bekerja yang mempunyai kantor cabang di Jl. Tanah Merah, No.4766, Ilir Barat, Palembang itu, disebabkan tidak lagi diperkenankan masuk bekerja dengan alasan perjanjian kerja kontraknya telah berakhir. (***Hz)

1
Leave a Reply

avatar
1 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
1 Comment authors
Simson Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Simson
Guest
Simson

Pergantian orcocring…….tanpa penganti sisa kontrak…..saya sudah kerja 5thn lebih di srh tt kontrak baru sama pihak orcorcing baru