Type to search

Berita

Belum Ada Kesepakatan, PHI Kesampingkan Pembayaran Pesangon Via Transfer

Share
Ilustrasi.

Ilustrasi.

Surabaya | Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Surabaya, Senin (3/8/2015) menyatakan pemutusan hubungan kerja (PHK) yang dilakukan PT Bank International Indonesia terhadap Sapuan Setiawan, dkk (14 orang) sejak 20 Desember 2013, batal demi hukum.

PHI Bandung menilai, anggapan pemberian uang pesangon yang telah dibayarkan oleh perusahaan melalui rekening bank masing-masing pekerja, adalah pemutusan hubungan kerja sepihak. Meskipun perusahaan mendalilkan telah mensosialisasikan PHK kepada seluruh pekerja, baik secara langsung maupun tidak langsung melalui Serikat Pekerja.

“Majelis Hakim berpendapat dengan adanya perselisihan ini, maka hal tersebut belum disosialisasikan dengan baik, sehingga perusahaan tidak bisa secara sepihak melakukan pemutusan hubungan kerja dengan para pekerja,” tutur Hakim Isjuaedi selaku Ketua Majelis Hakim PHI Surabaya membacakan pertimbangan hukumnya.

Lebih lanjut, ia juga berpendapat pemutusan hubungan kerja antara Penggugat dengan Para Tergugat tidak dilakukan sebagaimana Pasal 151 Undang-Undang Ketenagakerjaan Nomor 13 Tahun 2003, sehingga berdasarkan Pasal 155, maka pemutusan hubungan kerja antara Penggugat dengan Para Tergugat batal demi hukum.

Menurut Hakim Isjuaedi, putusnya hubungan kerja antara perusahaan selaku Penggugat dengan para pekerja, secara sah terhitung sejak bulan Maret 2015. Oleh karenanya, terdapat kekurangan pemberian uang pesangon yang telah diberikan kepada Sapuan dan kawan-kawan. “Menghukum Penggugat untuk membayar kekurangan hak-hak pesangon, penghargaan masa kerja dan penggantian hak para Tergugat sebesar Rp.82 juta,” tegas Hakim Isjuaedi.

Bukan hanya itu, dalam putusan Nomor 36/G/2015/PHI.Sby, perusahaan juga dihukum untuk membayar upah selama tidak mempekerjakan Sapuan dkk sejak 20 Desember 2013, beserta tunjangan hari raya tahun 2014, yang seluruhnya berjumlah sebesar Rp.606,4 juta. (***Ys)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *