Type to search

Berita

Dua Tahun di-Skorsing, PT Chang Dihukum Bayar Upah

Share
Ilustrasi.

Ilustrasi.

Indramayu | Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Bandung, menghukum PT Chang Jui Fang Indonesia, yang beralamat di Jalan Losarang Km.71, Kecamatan Losarang, Kabupaten Indramayu, untuk membayar upah selama skorsing kepada Sapri sebesar 19 (sembilan belas) bulan upah, terhitung sejak Oktober 2013 hingga Mei 2015.

Hakim Harry Suptanto selaku Ketua Majelis Hakim PHI Bandung, berpendapat, surat skorsing yang diterbitkan oleh perusahaan Nomor 069/CJFI/Dir/IX/2013 dan surat pemberitahuan Nomor 089/CJFI/Aadm./X/2013, dapat diartikan bahwa perusahaan melarang pihak pekerja untuk melaksanakan kewajibannya, yaitu bekerja.

“Majelis Hakim berkesimpulan bahwa gugatan Penggugat petitum angka 2 (dua) yang menyatakan menghukum Tergugat untuk membayar upah terhitung sejak masa skorsing sampai proses penyelesaian perselisihan pemutusan hubungan kerja sudah selayaknya dapat dikabulkan,” ujar Hakim Harry, Senin (11/5/2015) saat membacakan putusan perkara Nomor 194/Pdt.Sus-PHI/2014/PN.Bdg.

Namun demikian, Hakim Harry tidak dapat mengabulkan gugatan kerja kembali yang diajukan oleh Sapri. Sebab, berdasarkan fakta yang diperoleh, perusahaan telah menjatuhkan Surat Peringatan I, II dan III kepada dirinya pada tanggal 22, 23 dan 24 Agustus 2013 secara berturut-turut.

Meskipun hal tersebut telah dibantah oleh Sapri, bahwa dirinya tidak pernah mendapatkan salinan dan terlebih menanda-tangani ketiga Surat Peringatan tersebut. Akan tetapi Hakim Harry berkesimpulan, pemberian surat peringatan tersebut diatas telah sesuai dengan mekanisme tata tertib kerja serta aturan kedisiplinan yang diatur dalam Bab XI Peraturan Perusahaan periode tahun 2012 -2014. (***Ys)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *