Rabu, 18 September 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
543

Ikut Mendaftar Tes CPNS Tanpa Ijin, PHI: PHK Tanpa Pesangon

Ilustrasi.
Ilustrasi.

Jambi | Dianggap tak mampu membuktikan dalil gugatannya, tuntutan Nurhadi yang meminta uang pesangon sebesar Rp.83,7 juta terhadap Rumah Sakit Santa Theresia yang berada di Jl. Dr. Soetomo No. 19 Kota Jambi, ditolak oleh Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Jambi, Kamis (28/5/2015) lalu.

Sebabnya, Nurhadi terbukti melanggar ketentuan Pasal 50 ayat (6) Peraturan Kekaryawanan RS, yang telah disahkan oleh Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Jambi. Dalam ketentuan tersebut, setiap karyawan yang ingin melamar dan mengikuti test di instansi lain, diwajibkan paling lambat satu bulan sebelumnya mengajukan permohonan ijin tertulis kepada Direktur RS. Akibat tidak dipenuhinya ketentuan itu, maka karyawan yang bersangkutan dianggap mengundurkan diri, dan tidak mendapatkan uang pisah maupun uang penggantian hak.

Dalam repliknya, Nurhadi mengaku telah mengajukan permohonan ijin tertanggal 14 September 2014, namun baru diterima pihak RS pada tanggal 22 September 2014. Namun, faktanya Nurhadi telah mengajukan berkas pendaftaran tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada tanggal 18 September 2014.

Menurut Majelis Hakim PHI Jambi yang diketuai oleh Hakim Rohendi, tindakan Nurhadi adalah gambaran upayanya untuk menghindari sanksi dari peraturan kekaryawan yang berlaku. “Menimbang, bahwa dengan pertimbangan tersebut di atas maka majelis berkesimpulan penggugat tidak dapat membuktikan dalil gugatannya dan gugatannya dinyatakan ditolak,” ujar Hakim Rohendi membacakan pertimbangan hukum.

Terhadap pertimbangan tersebut, Hakim Rohendi menganggap tidak perlu lagi mempertimbangkan petitum lain yang diajukan oleh Nurhadi. “Menyatakan menolak gugatan Penggugat untuk seluruhnya,” tandas Hakim Rohendi membacakan amar putusan dalam perkara yang diregisterasi dengan Nomor 03/G/2015/PHI.Jmb itu. (***Ys)

1
Leave a Reply

avatar
0 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
0 Comment authors
Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of