Selasa, 17 September 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
598

Masih Ada Pekerjaan, Alasan PHK Karena Relokasi Ditolak

Ilustrasi.
Ilustrasi.

Bekasi | Rencana pemutusan hubungan kerja (PHK) yang hendak dilakukan oleh PT Arami Jaya, dengan alasan mesin-mesin produksi telah dipindahkan dari lokasi perusahaan yang berada di Bekasi-Jawa Barat ke Jawa Tengah, ditolak oleh Majelis Hakim Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Bandung.

PHI Bandung sependapat dengan alasan gugatan yang diajukan oleh Dadang, dkk (18 orang), terdapat fakta yang menyatakan perusahaan masih berproduksi dengan mempekerjakan 105 orang pekerja, yang diantaranya terdapat 49 orang pekerja dengan status perjanjian kerja waktu tertentu (kontrak).

Menurut Hakim Jonlar Purba, Penggugat Dadang, dkk yang berstatus sebagai pekerja tetap masih wajar untuk dipekerjakan sambil menunggu berakhirnya perjanjian kerja kontrak di perusahaan lama, yaitu di JI. Karet 4 Blok H 35, Batik Village, Lippo Cikarang, Kabupaten Bekasi-Jawa Barat. “Karenanya petitum angka 2 huruf a gugatan Para Penggugat yang menuntut agar Para Penggugat dipekerjakan kembali pada posisi yang tersedia, adalah beralasan hukum untuk dikabulkan,” ujar Hakim Jonlar, Senin (20/4/2015).

Selain itu, tuntutan Dadang, dkk berupa upah selama tidak lagi dipekerjakan sejak bulan November 2014, dipandang oleh Majelis Hakim PHI Bandung, beralasan untuk dikabulkan. “Menimbang, bahwa oleh karena Para Penggugat dipekerjakan kembali, maka hubungan kerja Para Penggugat pada Tergugat sejak November 2014 sampai dengan putusan ini berkekuatan hukum tetap adalah tetap berlanjut, artinya hubungan kerja Para Penggugat pada Tergugat tidak pernah terputus, karenanya sesuai dengan ketentuan Pasal 155 ayat (2) dan Penjelasan Pasal 93 ayat (1) UU No. 13 Tahun 2003, petitum angka 2 huruf b gugatan Para Penggugat yang menuntut agar Tergugat membayar upah beserta hak-hak lainnya setiap bulan kepada Para Penggugat selama tidak dipekerjakan, adalah beralasan hukum untuk dikabulkan,” lanjut Hakim Jonlar membacakan amar pertimbangan hukum dalam putusan perkara Nomor 17/Pdt.Sus-PHI/2015/PN.Bdg, yang dihadiri oleh kuasa hukum penggugat dan tergugat. (***Ys)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of