Type to search

Sekitar Kita

PHK Sepihak Ribuan Buruh PT Young Tree Melakukan Demo

Share
Ribuan buruh PT Young Tree Saat Melakukan Demo.

Ribuan buruh PT Young Tree Saat Melakukan Demo.

Sidoarjo | Ribuan Pekerja PT. Young Tree Industries, di Jl. Banar Kab. Sidoarjo melakukan aksi unjuk rasa damai didepan Pabrik yang dilakukan pagi tadi, sebagai bentuk perlawanan buruh terhadap kesewenang-wenangan yang di lakukan oleh pihak manajement PT. Young Tree Industries, pegusaha melakukan PHK sepihak kepada Pengurus Serikat Pekerja Yang tergabug dalam FSP KEP-KSPI kabupaten Sidoarjo, Rabu (26/8/2015).

“PT Young Tree selama ini selalu membayar upah di bawah UMK, sekarang melakukan PHK tanpa alasan yang jelas mereka di PHK secara sepihak, sedangkan mereka sudah bekerja di PT. Young Tree lebih dari 5 (lima) tahun, dan mereka tidak pernah menerima kontra kerja,” kata Pengurus salah satu Pengurus Serikat Pekerja.

Ironis sekali perusahaan yang memproduksi sepatu yang produknya di eksport ke luar negeri ini, ternyata karyawan hanya digaji di bawah UMK Sidoarjo, yaitu sebesar Rp.2,2 juta. Itupun belum termasuk potongan, jelas salah satu karyaan PT. Young Tree yang tidak mau disebutkan namanya.

Begitu terbentuk Serikat Pekerja, kemudian manajemen PT. Youn Tree melakukan PHK dengan dalil telah habis masa kontrak kerja, ujar Pangkat selaku ketua PUK SP KEP-KSPI PT.Young Tree. Aksi ini akan dlakukan selama 3 (tiga) hari berturut-turut mengingat Mr. Young, selaku pemilik perusahaan tidak mau mempekerjakan kembali pengurus Serikat Pekerja tersebut.

Harapan para buruh, agar kawan mereka dipekerjakan kembali dan meminta di bayar sesuai keputusan Gubernur Jawa Timur mengenai UMK yang telah ditetapkan, yaitu sebesar Rp.2,7 juta. (***Jar)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *