Senin, 16 September 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
489

Sudah Dipanggil Bekerja, Hakim Maringan: Tak Layak Di-PHK Karena Mogok Tidak Sah

Ilustrasi.
Ilustrasi.

Cimahi | Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Bandung, menolak gugatan pemutusan hubungan kerja (PHK) yang diajukan oleh PT Sukanda Djaya selaku Penggugat terhadap Bejo Susanto, dkk (67 orang). Alasannya adalah karena surat panggilan bekerja sebanyak 4 (empat) kali yang ditujukan perusahaan kepada pihak pekerja, dibuat dan ditempel oleh perusahaan pada hari serta tanggal yang sama, yaitu 9 Oktober 2014.

Atas fakta tersebut, Majelis Hakim PHI Bandung yang diketuai oleh Hakim Maringan Marpaung, berpendapat, meskipun mogok kerja yang dilakukan oleh Bejo, dkk tidak sah karena tidak sesuai dengan ketentuan Pasal 140 Undang-Undang Ketenagakerjaan Nomor 13 Tahun 2003. Namun, karena panggilan bekerja dilakukan tidak sesuai Pasal 168 UU Ketenagakerjaan, maka terhadap mogok kerja tidak sah, patut untuk diberikan surat peringatan.

“Majelis menilai kesalahan para Tergugat patut diberi pembinaan berupa surat peringatan tertulis, dan Majelis menyatakan tuntutan Penggugat agar Tergugat putus hubungan kerja dengan kualifikasi mengundurkan diri tidak patut dikabulkan dan haruslah ditolak,” ujar Hakim Maringan, Selasa (12/5/2015).

Dalam putusannya, selain menolak gugatan PHK tanpa uang kompensasi pesangon yang diajukan oleh perusahaan, PHI Bandung juga menolak tuntutan rekonpensi dari pekerja yang mengajukan gugatan uang pesangon. “Majelis berpendapat bahwa oleh karena para Tergugat dinyatakan di pekerjakan kembali dengan status dan hak-hak seperti yang biasa diterima, maka tuntutan pembayaran uang pesangon tidak dapat dipertimbangkan dan haruslah ditolak,” jelas Hakim Maringan membacakan pertimbangan hukum dalam Putusan Nomor 206/Pdt.Sus-PHI/2014/PN.Bdg.

Selain itu, Hakim Maringan juga menyatakan perjanjian kerja kontrak yang selama ini diberlakukan bertentangan dengan Pasal 59 UU Ketenagakerjaan. “Majelis Hakim menyatakan para pekerja secara hukum patut dinyatakan menjadi pekerja tetap terhitung sejak awal kontrak kerja,” tandasnya. (***Jm)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of