Selasa, 12 November 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
407

Tak Ada Kepengurusan Ditingkat Perusahaan, Gugatan Tidak Diterima

Ilustrasi.
Ilustrasi.

Bekasi | Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Bandung, menyatakan gugatan yang diajukan oleh Asep Saepul Rahman dengan register perkara Nomor 12/Pdt.Sus-PHI/2015, terhadap PT Berkat Kurnia Mitra Abadi yang berada di Jl. Raya Kalimalang, Ruko Bougenville, Jatibening, Bekasi, tidak dapat diterima (Niet Onvankelijke verklaard).

Majelis Hakim PHI Bandung yang diketuai oleh Hakim Suwanto, menilai surat kuasa yang diberikan Asep kepada pengurus cabang salah satu federasi serikat pekerja, tidak sesuai dengan Pasal 87 Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2004 tentang Penyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial.

Menurut Hakim Suwanto, sebuah federasi serikat pekerja beranggotakan serikat pekerja, bukan perseorangan pekerja sebagaimana yang dimaksud dalam ketentuan Pasal 6 ayat (1) Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2000 tentang Serikat Pekerja/Serikat Buruh. “Oleh karenanya perseorangan pekerja menjadi anggota federasi serikat pekerja harus dinyatakan tidak sah menurut hukum,” ujar Hakim Suwanto.

Lebih lanjut, Hakim Suwanto menyatakan federasi serikat pekerja yang menjadi penerima kuasa Asep Saepul Rahman, tidak mempunyai kedudukan hukum (legal standing) untuk mengajukan gugatan, karena tidak mempunyai kepengurusan serikat pekerja tingkat perusahaan yang merupakan anggota dari federasi serikat pekerja.

“Menimbang bahwa sampai dengan akhir persidangan, kuasa penggugat tidak dapat menunjukkan adanya bukti pencatatan serikat pekerja pimpinan unit kerja PT Berkat Kurnia Mitra Abadi. Untuk itu gugatan yang diajukan oleh kuasa Penggugat harus dinyatakan tidak dapat diterima,” tambah Hakim Suwanto membacakan pertimbangan hukum di Gedung PHI Bandung, Rabu (20/5/2015).

Untuk diketahui, Asep terpaksa mengajukan gugatan ke PHI Bandung pada 19 Januari 2015 lalu. Sebab, Asep secara sepihak dianggap mengundurkan diri sejak 2 Mei 2014, padahal ketidakhadirannya selama ini dikarenakan sakit, akibat Asep mengalami shock diperlakukan dengan tidak diberi pekerjaan atas penolakan mutasi yang ia lakukan. (***Jm)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of