Rabu, 13 November 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
414

Alami Kecelakaan, TKI Dipulangkan

Gedung Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI), Jl. Jend. MT Haryono, Jakarta.
Gedung Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI), Jl. Jend. MT Haryono, Jakarta.

Jakarta | Agus Budianto, TKI asal Cilacap yang telah bekerja di Republik Kepulauan Marshall Island selama 12 (dua belas) bulan di kapal penangkap ikan Pursin, dipulangkan dan telah kembali ke Indonesia, Jum’at (4/9/2015), karena dirinya tertimpa rekan kerjanya yang jatuh dari menara air diketinggian 20 meter. Agus yang mengalami patah tulang pada bahu kirinya, dilarikan ke Rumah Sakit Majuro Hospital pada 24 Agustus 2015.

“Pada saat itu saya pingsan, dan saat saya tersadar, saya mengalami patah tulang dibagian bahu sebelah kiri. Karena menurut cerita dari teman saya, saya kejatuhan orang dari ketinggian 20 meter dan orang itu pun langsung meninggal ditempa,” tutur Agus kepada buruhonline.com, saat berhasil dijemput Edi, salah satu Pengurus Serikat Pekerja Indonesia Luar Negeri (SPILN) di Bandara Soekarno-Hatta.

Ironisnya, saat tiba di tanah air, Agus tidak mendapatkan asuransi dan tidak membawa uang sepeserpun, sebab gajinya selama dua belas bulan terakhir, hanya diupah sebsar $450, sehingga tidak sesuai dengan perjanjian kerja.

Menurut Edi, SPILN mendapatkan pengaduan dari Agus, sewaktu sedang transit di Bandara Korea, Jum’at siang. Lalu Agus dibawah ke Help Desk Tim Pendataan Tenaga Kerja Luar Negeri di Bandara Soekarno-Hatta, untuk meminta rujukan fasilitas perawatan di RS Polri.

Menanggapi kejadian dan permasalahan yang dialami Agus, salah satu Anggota DPRD Komisi D Kabupaten Cilacap, Sri Satini Al Nyai sangat prihatin dengan permasalahan tersebut. “Saya simpatik dan turut prihatin dengan adanya kasus yang menimpa Agus TKI asal Cilacap, saya pun sangat berterimakasih kepada Serikat Pekerja Indonesia Luar Negeri (SPILN) yang sudah menangani kasus ini di Jakarta, ujar Satini ketika dihubungi oleh kontributor buruhonline.com, Minggu (6/9/2015). (***Jar)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of