Sabtu, 20 Juli 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
535

Dua Tahun Bekerja Harian Lepas, FPBI Menangkan Perjuangan Buruh PT Dalim

Ilustrasi.
Ilustrasi.

Cianjur | Dengan didampingi oleh Gan Gan Solehudin, dkk dari Federasi Perjuangan Buruh Indonesia (FPBI), kelima pekerja PT Dalim Fideta Kornesia yang selama dua tahun dipekerjakan sebagai harian lepas dan diputuskan hubungan kerja tanpa kompensasi apapun, berhasil memenangkan perjuangan merubah status hubungan kerja menjadi pekerja tetap.

“Menyatakan status Para Penggugat dari pekerja harian lepas berubah menjadi PKWTT sesuai dengan Pasal 10 ayat (3) Keputusan Menteri dan Transmigrasi Nomor : KEP.100/MEN/VI/2004,” ujar Hakim Maringan Marpaung selaku Ketua Majelis Hakim Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Bandung, Selasa (7/7/2015).

Hakim Maringan beralasan, bahwa telah terbukti perusahaan yang beralamat di Jl. Raya Sukabumi, Kp. Ciender Warung Kondang, Kab. Cianjur itu, memproduksi rambut palsu dengan alur produksi material posting, posting, handtie, finishing, finished good, packing, dan delivery merupakan rangkaian proses produksi yang saling berhubungan, sehingga sifat pekerjaan yang dijalankan secara terus menerus.

“Dengan demikian, haruslah dinyatakan hubungan kerja para Penggugat dengan Tergugat berubah dari harian lepas menjadi Perjanjian Kerja Waktu tidak Tertentu/karyawan tetap, terhitung sejak adanya hubungan kerja,” tutur Hakim Maringan. Lebih lanjut Maringan mengatakan, keinginan perusahaan yang tetap bermaksud memutuskan hubungan kerja, beralasan hukum untuk dikabulkan.

“Menyatakan putus hubungan kerja antara para penggugat dengan tergugat terhitung sejak tanggal 6 November 2014, dengan pemberian uang pesangon dan uang penggantian hak sebesar Rp.34,5 juta,” tutup Maringan membacakan amar putusan yang diregister dengan perkara Nomor 51/Pdt.Sus-PHI/2015/PN.Bdg itu. (***Jm)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of