Senin, 18 November 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
1.686

Jangan Gunakan Kalimat Ini: Perundingan Tidak Ada Yang Gagal Tetapi Keputusan Yang Tertunda

Ilustrasi.
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Bekasi | Mogok kerja yang dilakukan Budhi Wibowo, dkk selaku pekerja PT Kawashima Engineering Plastic Indonesia yang berada di Jl. Bali Block T-9 Industrial Town MM2100 Cikarang Barat, Bekasi dianggap tidak sah, akibat adanya clausul ‘kedua belah pihak sepakat untuk memperluas alternatif pilihan, menguraikan manfaat untuk kedua belah pihak, membuka pintu dialog karena pada dasarnya tidak ada perundingan yang gagal akan tetapi keputusan yang tertunda’, didalam Tata Tertib Perundingan Bipartit Skala Upah yang telah disepakati.

Meskipun menurut Majelis Hakim Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Bandung, clausul tersebut merupakan buah pikiran dan langkah maju yang dilakukan oleh para pekerja dengan PT Kawashima Engineering Plastic Indonesia dalam menyelesaikan permasalahan hubungan industrial. Namun, clausul tersebut justru dijadikan dasar perusahaan untuk tidak bersedia menyatakan gagal berunding.

Padahal, dalam ketentuan Pasal 4 Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi No. Kep.232/MEN/2003, buntunya perundingan harus dinyatakan oleh para pihak dalam risalah perundingan. “Setelah diteliti oleh Majelis Hakim, berdasarkan fakta hukum yang terungkap di persidangan, tidak ditemukan alat bukti yang menyatakan perundingan mengalami jalan buntu yang dituangkan dalam risalah perundingan,” jelas Hakim Wasdi Permana, Senin (13/7/2015) saat membacakan amar pertimbangan hukum dalam Putusan Nomor 53/Pdt.Sus-PHI/2015/PN.Bdg.

Lebih lanjut, Hakim Wasdi menyatakan akibat hukum dari mogok kerja tidak sah adalah pemutusan hubungan kerja. “Menimbang, bahwa karena tindakan para Penggugat tersebut di atas dikategorikan telah melanggar Perjanjian Kerja Bersama, maka menurut Majelis Hakim pemutusan hubungan kerja yang dilakukan oleh Tergugat terhadap para Penggugat adalah sah secara hukum,” tutur ia. (***Jm)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of