Senin, 23 September 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
489

Kapal Terbakar, TKI ABK Berhasil Dipulangkan Dari Angola

11 ABK Indonesia Terjebak di Inggris.
11 ABK Indonesia Terjebak di Inggris.

Angola | Kemetrian Luar Negeri (Kemlu), dan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Namibia, Afrika, berhasil memulangkan 21 Tenaga Kerja Indonesia (TKI) Anak Buah Kapal (ABK) yang telah berakhir kontrak kerjanya, serta korban kebakaran kapal MV. Luanda I beberapa bulan yang lalu.

Ketidakjelasan nasib kepulangan TKI ABK di Afrika, korban kebakaran dan berakhirnya kontrak, terkuak berdasarkan laporan dari salah satu keluarga korban yang mengadukan bahwa kapal tempat kerja adiknya kecelakaan (terbakar), namun para ABK tidak segera dipulangkan dan justru ditampung di kapal lain bersama puluhan ABK WNI lainnya yang sudah selesai kontrak, tutur Yus, salah satu kakak  korban kepada Serikat Pekerja Indonesia Luar Negeri (SPILN) saat mendatangi kantor SPILN di kawasan Tebet, Jakarta Selatan.

Atas Laporan tersebut, Yus didampingi SPILN melaporkan nasib adiknya itu ke Perlindungan Warga Negara Indonesia dan Badan Hukum Indonesia (PWNI & BHI) Kemlu pada Mei 2015 lalu. Hernawan B. Abid, selaku Staf Fungsional Kemlu Kawasan Afrika langsung menindaklanjuti laporan tersebut kepada KBRI di Namibia, Afrika untuk meminta para korban dipulangkan ke Indonesia.

Mendapat laporan dari Kemlu, Marianno sataf protokol dan konsusel (protkons) KBRI di Namibia pun mendesak, dan sempat mendatangi para ABK yang diketahui dipekerjakan oleh PT. Inter Burgo di Angola, agar segera dipulangkan ke Indonesia. Karena selain menjadi korban kebakaran kapal, ada juga yang sudah selesai kontrak namun tak kunjung dipulangkan.

“Dalam kasus seperti itu, peran penting dari berbagai pihak sangat dibutuhkan. Baik, Kemlu, KBRI, Serikat Pekerja, hingga pihak keluarga korban harus saling bahu membahu berjuang demi mewujudkan keadilan bagi TKI yang bekerja di luar negeri,” ujar Bambang Suherman selaku Kabid Advokasi dan Hukum SPILN kepada buruhonline.com, Rabu (2/9/215) malam. (***Is)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of