Kamis, 18 Juli 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
341

PHI Perintahkan Perusahaan Seleksi Jadi Pekerja Tetap, Setelah Gugatan Ditolak

Ilustrasi.
Ilustrasi.

Bekasi | Meski Agus Yaman, dkk (43 orang) saat diakhiri hubungan kerjanya oleh PT Mitratama Rasa Sejati, berbeda waktu yaitu diantara sejak bulan Desember 2012 hingga November 2014, karena berakhirnya perjanjian kerja waktu tertentu (kontrak). Namun, Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Bandung, memberikan putusan yang berbeda amar putusan dan pertimbangan hukumnya.

Dalam perkara yang diregister dengan Nomor 77/Pdt.Sus-PHI/2015/PN.Bdg, Majelis Hakim PHI Bandung yang diketuai oleh Hakim Kartim Haerudin memutuskan, bahwa sebanyak 8 orang pekerja dinyatakan sah PHK karena berakhirnya kontrak kerja. Sedangkan, 33 orang pekerja diperintahkan untuk mengikuti seleksi pengangkatan menjadi pekerja tetap. Serta sebanyak 2 orang pekerja ditetapkan statusnya menjadi pekerja tetap terhitung sejak putusan dibacakan, Senin (3/8/2015).

Hakim Kartim menilai, bahwa perusahaan yang beralamat di Jalan Jababeka Raya, Blok N 5-7, Kawasan Industri Jababeka, Cikarang, Bekasi itu, tidak keliru dalam mempekerjakan 8 orang dengan sistem perjanjian kontrak. Karena pekerjaan yang diberikan adalah pekerjaan tambahan yang hanya dikerjakan untuk waktu selama 1,5 tahun. Lebih lanjut, ia mengatakan, terhadap pekerja yang lain perusahaan diharuskan membuka peluang pengangkatan pekerja, karena memiliki skill serta pengetahuan yang diinginkan perusahaan.

Pada amar putusannya, Hakim Kartim menolak seluruhnya gugatan Agus dan kawan-kawan. Namun, terhadap 35 orang pekerja dari 43 orang, diberikan kesempatan untuk mengikuti seleksi menjadi pekerja tetap. “Memerintahkan kepada Tergugat untuk melakukan seleksi terhadap para Penggugat selebihnya, secara akuntabel, tidak diskriminatif, transparan dan terbuka untuk diangkat dari pekerja PKWT menjadi PKWTT,” ujar Hakim Kartim membacakan amar putusan. (***PD)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of