Kamis, 14 November 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
517

Tidak Menyebutkan Waktu Kejadian, PHI: Gugatan Tidak Jelas

Ilustrasi.
Ilustrasi.

Riau | Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Pekanbaru, Jum’at (29/5/2015) menyatakan gugatan Khairul Sardi tidak dapat diterima (Niet Onvankelijke verklard). Pasalnya, Sardi dianggap tidak merinci secara jelas atas waktu kejadian yang didalilkan sebagai dasat dirinya menggugat.

Sardi didalam gugatan dengan register perkara Nomor 8/Pdt.Sus-PHI/2015/PN.Pbr yang ditujukan terhadap PT Johan Sentosa yang berlokasi di Desa Pasir Sialang, Kecamatan Bangkinang Sebesang, Kabupaten Kampar, Propinsi Riau itu, dinilai tidak mampu menyebutkan kapan kejadian saat dirinya mengantarkan istrinya untuk berobat ke dokter, serta tidak pula menguraikan perhitungan hak-hak yang harus dibayar oleh perusahaan tempatnya bekerja.

Bahkan, Sardi mendalilkan dirinya tidak lagi bekerja sejak 6 November 2014, tetapi dalam dalil selanjutnya menyebutkan dirinya tidak lagi dipekerjakan sejak 6 Februari 2014. “Majelis Hakim mempertimbangkan bahwa uraian posita Penggugat tersebut menjadi tidak sinkron dan bertentangan satu sama lain, sehingga rincian hak-hak Penggugat juga menjadi kabur dan tidak jelas (obscuur libel),” ujar Hakim Masrul selaku Ketua Majelis Hakim saat membacakan pertimbangan hukum.

Hakim Masrul juga menolak tuntutan pembayaran upah selama tidak dipekerjakan sebesar Rp.20 juta lebih, serta dengan tidak dilampirkannya bukti-bukti awal untuk mendukung tuntutan provisinya tersebut, maka tuntutan terhadap pembayaran beras sebanyak 540 kg juga ditolak. “Permintaan Putusan Sela disampaikan bersama-sama dengan materi gugatan, akan tetapi Penggugat tidak pernah melampirkan bukti awal untuk mendukung tuntutannya tersebut, serta Penggugat juga tidak merinci secara jelas upah dan beras kapan yang dituntutnya tersebut, dengan demikian terhadap tuntutan provisi Penggugat tersebut haruslah dinyatakan di tolak,” jelas Masrul. (***Ys)

1
Leave a Reply

avatar
0 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
0 Comment authors
Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of