Jumat, 15 November 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
667

Kontrak Diubah Sepihak, Buruh PT SPA Rela Berpanas-Panasan

Buruh PT SPA, rela berpanas-panasan dalam memperjuangkan haknya.
Buruh PT SPA, rela berpanas-panasan dalam memperjuangkan haknya.
Buruh PT SPA, rela berpanas-panasan dalam memperjuangkan haknya.

Gresik | Ribuan buruh PT SPA, Selasa (13/10/2015) menggelar aksi unjuk rasa di depan perusahaan akibat tidak adanya titik temu tentang permasalahan mereka, PT SPA sendiri berada di Kawasan Industri Maspion, Jl. Alpha Aspion, Km.5, Manyar, Gresik.

Dalam aksi ini mereka hanya ingin dipekerjakan kembali, mengingat adanya kejanggalan dalam perjanjian kontrak yang berakhir. “Saya sudah menandatangani kontrak yang berakhir sampai tahun 2017, tapi pada bulan Juli kemarin saya dipaksa oleh mandor saya untuk tanda tangan lagi, tetapi saya tidak boleh membaca isi surat perjanjian kontrak tersebut. Dan ternyata pada akhir bulan Septemer kemarin saya di PHK, dengan alasan kontrak saya sudah berakhir,” ujar salah satu karyawan yang enggan disebutkan namanya karena masih takut dengan mandornya.

Lebih lanjut bahwa aksi ini sendiri akan berlangsung sampai tuntutan dipenuhi oleh PT SPA, ujar Sunandar selaku koordinator aksi, yang sekaligus sebagai Pengurus FSP KEP KSPI Jawa Timur. “Kita akan kawal permasalahan ini sampai selesai, jika pihak perusahaan masih belum juga memberikan jawaban, saya akan instruksikan kepada seluruh anggota FSP KEP-KSPI Jawa Timur agar bersolidaritas ke PT SPA,” tegas Sunandar.

Perusahaan yang bergerak dalam peleburan baja ini, ternyata sebelumnya membayar upah di bawah UMK Kabupaten Gresik, tetapi baru tahun ini buruh di bayar sesuai UMK Kabupaten Gresik, dengan alasan ketidak mampuan perusahaan. (***Jar)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of