Type to search

Sekitar Kita

Menyusul Bekasi-Karawang, Buruh Gresik Manfaatkan Dukung Cabup Demi Besaran Upah

Share
Anggota FSP KEP, saat hadir dalam acara Peresmian Posko Cabup-Cawabup Gresik.

Anggota FSP KEP, saat hadir dalam acara Peresmian Posko Cabup-Cawabup Gresik.

Gresik | Sepertinya bukan hanya buruh di Bekasi dan Karawang saja, yang berniat mendukung salah satu calon Bupati dan Wakil Bupati, demi besaran kenaikan upah minimum. Tetapi juga Gresik, dalam acara peresmian posko calon bupati dan wakil bupati Gresik 2016-2020, yaitu pasangan Sambari-Qosim di kantor DPC FSP KEP-KSPI, di jalan Raya Krikilan, Km.27, Driyorejo-Gresik ini, dihadiri langsung oleh Sambari sendiri.

Sebelumnya pada tahun 2010-2015, Sambari-Qosim juga menjadi bupati dan wakil bupati Gresik. Saat menjabat mereka didaulat sebagai tokoh yang selalu berpihak kepada kaum buruh, ini terlihat dari UMK kabupaten Gresik yang selalu tinggi di banding kabupaten lain se-Jawa Timur.

Ketika ditanya perwakilan buruh, Sunandar, dalam acara tasyakuran Barisan Bela Buruh (B3) pada saat acara tersebut, apa visi dan misi cabup dan cawabup kedepan, beliau tidak berani memberikan janji. Akan tetapi, beliau hanya menjawab, kita akan meneruskan apa yang telah berjalan, dan yang pasti, UMK kabupaten Gresik harus lebih tinggi dari kabupaten-kabupaten lain se-Jawa Timur.

Sambari mengatakan, untuk mewujudkan hal tersebut, maka terlebih dahulu kita biarkan investor masuk, baru setelah itu kita bicara masalah upah buruh. Karena untuk kedepan, Gresik akan dibangun pelabuhan internasional yang dapat menyedot tenaga kerja yang cukup besar, baru setelah itu kita buktikan pada kabupaten-kabupaten lainnya.

Orasi politik Sambari tersebut, sangat mendapatkan apresiasi dari para buruh yang tergabung dalam FSP KEP-KSPI. Mereka akan memberikan dukungan secara penuh kepada cabup dan cawabup pada pemilahan Bupati Gresik pada tanggal 09 Desember 2015 nanti. Sepertinya, kaum buruh menjadikan dukungan tersebut sebagai upaya dalam mempengaruhi kebijakan, agar dapat lebih berpihak lagi kepada mereka. (***Jar)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *