Rabu, 17 Juli 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
326

Ratusan Buruh PT. SPA Kembali Turun Kejalan Setelah Gagal Runding

Ratusan Buruh PT. SPA bergerak menuju kantor Bupati Gresik, Senin (19/10).
Ratusan Buruh PT. SPA bergerak menuju kantor Bupati Gresik, Senin (19/10).
Ribuan Buruh PT. SPA bergerak menuju kantor Bupati Gresik, Senin (19/10).

Gresik | Setelah kembali gagal dalam perundingan yang dilakukan pada Sabtu (17/10) kemarin, akhirnya ribuan buruh PT. Semenanjung Pangeran Agung yang tergabung dalam FSP KEP-KSPI Kabupaten Gresik, melakukan aksi turun jalan guna menuntut haknya, Senin (19/10) siang tadi.

Aksi kali ini, menuju ke kantor Bupati, untuk meminta pertanggungjawaban Pemerintah, mengenai adanya pelanggaran hak normatif pekerja di wilayah Gresik. Pemerintah didesak untuk segera turun dalam menangani masalah ini supaya tidak berlarut-larut, dan diharapkan dapat bersikap netral tanpa memihak siapapun.

PT SPA diduga telah banyak melakukan pelanggaran undang-undang tentang ketenagakerjaan, dan para pengunjuk rasa meminta Bupati memanggil pimpinan PT. SPA guna menyelesaikan permasalahan tersebut.

Sebelumnya, telah diadakan perundingan antara perwakilan buruh yang diwakili oleh Sunandar, pimpinan perusahaan yang diwakili Jamal dan Baby, serta Kepla Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Gresik yang diwakili oleh Mulyono. Namun perundingan tersebut, tidak mencapai kata mufakat, sebab pihak perusahaan tetap bersikukuh pada keputusannya, bahwa karyawan yang dikeluarkan adalah yang habis masa kontraknya.

Menurut Sunandar, kontrak kerja di PT. SPA cacat hukum, karena ada unsur paksaan dari mandornya, ada kontrak kerja yang diputus secara sepihak, jika manajemen tetap bersikukuh pada kepada keputusannya maka besok saya akan tetap melakukan aksi dan akan saya perselisihkan melalui PHI, tegas Sunandar. (***Is)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of