Kamis, 18 Juli 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
273

Ribuan Buruh Luapkan Aspirasinya di Gedung Sate Bandung

ratusan buruh demo di depan Gedung Sate Bandung
ratusan buruh demonstrasi di depan Gedung Sate Bandung
ribuan buruh demonstrasi di depan Gedung Sate Bandung

Bandung | Ribuan buruh padati Gedung Sate meminta upah yang layak atas sumbangsih kerja kerasnya dalam membangun perekonomian negara.

Ratusan massa yang diantaranya berasal dari gabungan Serikat Pekerja Metal Indonesia dan Serikat Pekerja Indonesia berdemonstrasi di depan Gedung Sate Bandung, pada hari ini Selasa 20 Oktober 2015. Mereka menolak penangguhan upah minimum bagi kesejahteraan buruh di Indonesia.

“Kami meminta upah yang layak atas kerja keras kami, coba lihat anggota Dewan yang merengek minta naik gaji dan penambahan fasilitas itu tidak pantas dengan kinerja pas-pasan,” ujar Gendi, salah satu buruh, saat ditemui di depan Gedung Sate Bandung, Selasa (20/10). Mereka berpendapat bahwa sudah banyak unjuk rasa yang sudah dilakukan para buruh namun tidak ada realisasi nyata dari pemerintah.

“Jangan seenaknya nentuin upah buat kita yang kenyataannya enggak bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari. Kami punya keluarga dan kehidupan. Masa orang kaya naik gaji, sedangkan kita menanggung semua sendiri,” kata Yanti, 30 tahun, salah satu anggota Serikat Pekerja Indonesia.

Buruh selalu menunggu nurani pemerintah terhadap kesejahteraan yang cukup bagi mereka, tapi oleh alat kepentingan akumulasi kekuasaan buruh/pekerja tidak bisa apa-apa. Permasalahan ekonomi buruh memang telah menjadi masalah yang tak berkesudahan. Pemerintah kayanya takut untuk mengeluarkan kebijakan yang pro buruh. Sehingga aksi buruh dimana-mana kerap terjadi. Mereka bukan hanya menolak lupa, tapi mereka tidak akan pernah lupa untuk menolak. (ef)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of