Selasa, 12 November 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
517

Tingkatkan Kemampuan, Serikat se-Sumatera Utara Dalami Hukum Acara PHI

Para peserta pelatihan bersama para narasumber.
Para peserta pelatihan bersama para narasumber.
Para peserta pelatihan bersama para narasumber.

Medan | Ditengah adanya keinginan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) untuk mengusulkan perubahan Undang-Undang No. 2 Tahun 2004, yang menjadi dasar dan landasan bagi pekerja, pengusaha dan pemerintah dalam menyelesaikan konflik ketenagakerjaan. Kamis (8/10), sebanyak 30 (tiga puluh) perwakilan serikat pekerja dari 10 (sepuluh) kota/kabupaten se-Sumatera Utara, dalami praktek hukum acara di Pengadilan Hubungan Industrial (PHI).

Pelatihan yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Kelembagaan Hubungan Industrial pada Kementerian Ketenagakerjaan di Hotel Antares, Medan selama 3 (tiga) hari, diharapkan dapat meningkatkan kemampuan pengurus serikat pekerja, dalam penyelesaian perselisihan hubungan industrial di PHI.

Para peserta diharapkan terlibat aktif untuk mengikuti pelatihan. Sebab, hasil akhir yang ingin dicapai adalah, kemampuan para pengurus untuk memahami hukum acara perdata, serta merumuskan surat gugatan dan jawaban, tutur Oloan Nadeak selaku perwakilan dari pihak Kementerian yang hadir dalam pelatihan tersebut.

Dalam acara tersebut, peserta dibagi menjadi 3 (kelompok), dengan tugas menyusun surat gugatan dari contoh anjuran yang telah disediakan. Salah satu tutor, Muhammad Hafidz yang juga Praktisi Hukum Ketenagakerjaan, memberikan rumusan dalam menyusun surat gugatan. Yaitu, setidaknya memuat kompetensi (jurisdiction) pengadilan, menyebutkan jenis perselisihan, menentukan para pihak, menguraikan posita, dan petitum (tuntutan).

Menurutnya, terlepas dari kemampuan para pihak dalam memperlihatkan bukti-bukti, namun jika satu dari lima unsur tersebut tidak diuraikan dalam surat gugatan, maka Hakim PHI dapat menyatakan gugatan yang telah diajukan tidak dapat diterima atau bisa juga ditolak, jelas Hafidz. (***Ys)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of