Jumat, 13 Desember 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
514

Meski Telah Bekerja Tiga Belas Tahun, PHI : PHK Karena Kontrak Berakhir

Ilustrasi.
Ilustrasi.

Bandung | Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Bandung, menolak seluruhnya gugatan Hendri Yanto, dkk (13 orang) melawan PT Yuntex. Majelis Hakim yang dipimpin oleh Hakim Wasdi Permana, menilai alasan gugatan pekerja yang menyatakan kegiatan usaha perusahaan bukan objek pekerjaan yang dapat diperjanjikan dengan perjanjian kerja waktu tertentu (kontrak), adalah tidak terbukti.

Hendri yang telah bekerja lebih dari 13 tahun, hanya mendasarkan dalil gugatannya pada jabatan para pekerja, yaitu operator rewinding tenun handuk, suplier lapangan, packing, suplier, QC, gudang afkir, dan inventori control. Menurut Majelis Hakim PHI Bandung, pekerjaan yang tidak boleh diperjanjikan dengan sistem kerja kontrak adalah pekerjaan yang bersifat tetap, tidak terputus-putus dan bagian dari proses produksi.

“Proses produksi adalah urutan kegiatan yang harus dilaksanakan dalam usaha mengubah bahan baku menjadi barang jadi, sedangkan jabatan para penggugat merupakan jabatan penunjang dari proses produksi, bukan merupakan jabatan pokok dari proses produksi,” tutur Hakim Wasdi Permana, Senin (19/10) saat membacakan pertimbangan hukum dalam Putusan Perkara Nomor 135/Pdt.Sus-PHI/2015/PN.Bdg itu, di ruang sidang PHI Bandung.

Selain itu, Hakim Wasdi juga berkesimpulan, bahwa kegiatan usaha perusahaan berdasarkan order, yang belum tentu melakukan aktifitas produksi secara terus menerus tanpa batas waktu. “Terbukti Tergugat tidak memproduksi untuk kepentingan Tergugat, akan tetapi untuk kepentingan pemberi order, dan order tersebut jenis dan sifatnya belum tentu terus menerus tanpa batas waktu, akan tetapi perusahaan Tergugat akan melakukan aktifitas produksi manakala ada order,” ujar ia.

Atas kedua alasan tersebut, PHI Bandung menyatakan pengakhiran hubungan kerja yang dilakukan oleh PT Yuntex, yang beralamat di Jl. Cicukang, No.8, Cisaranten Wetan, Ujung Berung, Km. 9, Bandung itu, adalah karena berakhirnya perjanjian kerja waktu tertentu. Sehingga, tuntutan Hendri dan kawan-kawan agar dipekerjakan kembali, ditolak seluruhnya. “Dalam pokok perkara, menolak gugatan para penggugat seluruhnya,” ucap Hakim Wasdi membacakan amar putusan dalam sidang yang terbuka untuk umum, dan dihadiri oleh para pihak. (***Ys)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of