Jumat, 15 November 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
662

Melalui Video, TKW Taiwan Pertanyakan Gelar Pahlawan Devisa

https://youtu.be/9TPUwnYMlNk

Taiwan | Bekerja sebagai Tenaga Kerja Wanita (TKW) di Taiwan, Nina Armila menyampaikan kegundahannya melalui video berdurasi 3 menit 13 detik. Dirinya mempertanyakan kebenaran julukan pada Tenaga Kerja Indonesia (TKI), sebagai Pahlawan Devisa bagi Indonesia.

Pada awalnya, Nina bersama TKW lainnya merasa bangga dengan gelar pahlawan devisa. Namun, ia menyatakan, gelar tersebut tidaklah imbang dengan perlakuan yang sering ditemui teman-temannya sesama TKI, ketika kembali ke Indonesia. “Mau pulang ke tanah air saja, kedatangan kami sudah disambut di bandara oleh oknum yang berpakaian seragam, yang sepertinya sudah siap-siap untuk menyantap hasil keringat kami selama bekerja diluar negeri,” ujarnya bercerita.

Nina meminta agar terhadap para TKI yang kembali di tanah air, diberikan perlindungan terhadap diri dan hak-haknya. “ Tolong lindungi kami sebagai warga negara,” tandasnya. Sebab, ia dan teman-temannya bukanlah turis atau pelancong, melainkan pekerja yang mengadu nasib diluar negeri, sebagai akibat dari sulitnya lapangan kerja didalam negeri.

“Kami bekerja tak mengenal waktu, siang jadi malam, malam seperti siang untuk menafkahi keluarga, dan sebagai sebuah keterpaksaan,” tegas perempuan asal Sidareja, Cilacap ini. “Apa benar kami ini pahlawan devisa?,” tanyanya menutup curahan kegundahan hatinya yang berusia sekitar 25 tahunan itu. (***Ys)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of