Senin, 18 November 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
422

Tak Hanya Penumpang Maskapai, Kejahatan Terorganisir di Bandara Juga Menimpa TKI

Ilustrasi.
Ilustrasi.

Jakarta | Tindakan porter Bandara Soetta yang kerap menimbulkan keresahan bagi para penumpang, akibat adanya oknum porter yang melakukan pencurian dengan dugaan adanya keterlibatan oknum bandara, adalah satu dari banyaknya jenis kejahatan terorganisir yang terjadi di bandara nomor satu di Indonesia tersebut.

Sebagai mantan pegawai yang ditempatkan di Crisis Center Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI), sebut saja Pur sering mendapatkan pengaduan dari para Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang kembali ke tanah air melalui Bandara Soekarno Hatta, Tangerang itu.

Para TKI mengeluhkan keamanan Bandara dalam melindungi TKI yang kembali ke Indonesia, mereka kerap mendapatkan perlakuan tidak menyenangkan di bandar undara Internasional yang mempunyai satuan kepolisian setingkat kota/kabupaten.

Pur sering melakukan pengawalan TKI yang menggunakan sopir travel untuk tiba dirumahnya masing melalui sambungan telepon. Tindakan inisiatif dirinya itu, sangat dibutuhkan oleh para TKI, setidaknya mereka dapat menghindari aksi pemerasan yang dilakukan oleh oknum sopir travel.

Modus yang sering digunakan oleh oknum petugas BNP2TKI di Bandara adalah dengan mengarahkan para TKI untuk menggunakan travel agar aman sampai tujuan, tanpa menempatkan petugas BNP2TKI di kendaraan travel tersebut. Sehingga, oknum sopir travel secara leluasa dapat melakukan pemerasan terselubung ditengah perjalanan, terang Pur dalam wawancara singkat melalui akun media sosial miliknya, Senin (4/1/2016) kemarin.

“Tak jarang TKI ditelantarkan dijalan tol akibat melawan,” tandas Pur. (***Hz)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of