Type to search

Berita

Digaji Dibawah Upah Minimum, PHI Sebut Perbuatan Melanggar Hukum

Share
Ilustrasi.

Ilustrasi.

Palembang | Dibayarkan upah tidak sesuai dengan ketentuan besaran Upah Minimum Kabupaten Muara Enim, Aman Zahri, dkk (60 orang) mengajukan gugatan ke Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Palembang. Zahri menuntut PT. Baniah Rahmat Utama membayar kekurangan upah sejak Nopember 2011 sampai dengan Desember 2013, sebesar Rp.123,9 juta.

Selain upah, dalam surat gugatan yang diregister dengan perkara No. 47/Pdt.Sus-PHI/2015/PN.Pal, Zahri juga menuntut pembayaran premi Jaminan Sosial Tenaga Kerja dan kekurangan THR, akibat tidak diikutsertakan menjadi peserta selama bekerja di perusahaan yang beralamat di Jl. RE. Martadinata, No.7, Rt.08, Rw.02, Ilir, Palembang itu, sebesar Rp.176,8 juta.

Dalam persidangan pembacaan putusan yang digelar oleh Majelis Hakim PHI Palembang yang diketuai oleh JPL Tobing, Kamis (26/11/2015) lalu, terungkap jika sebelum gugatan diajukan, para pekerja terlebih dahulu melapor ke Pegawai Pengawas Ketenagakerjaan pada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Muara Enim dan Propinsi Sumatera Selatan.

Berdasarkan pemeriksaan yang dilakukan oleh kedua lembaga instansi ketenagakerjaan tersebut, PT. Baniah Rahmat Utama diwajibkan oleh PHI Palembang untuk membayar kekurangan upah dan premi iuran jaminan sosial.

“Bahwa oleh karena Tergugat telah melakukan perbuatan yang membayar upah Penggugat lebih rendah dari ketentuan upah minimum dan tidak mendaftarkan sebagai peserta Jaminan Sosial Ketenagakerjaan serta membayar THR lebih rendah dari ketentuan upah minimum, maka perbuatan Tergugat tersebut haruslah dinyatakan perbuatan melanggar hukum,” tandas Hakim Tobing.

Atas pertimbangan tersebut, PHI Palembang mengabulkan gugatan Zahri, dkk, dengan menghukum perusahaan untuk membayar kekurangan upah, premi jaminan sosial dan kekurangan THR, yang seluruhnya sebesar Rp.300,8 juta. (***Ys)

1 Comment

  1. barkah7678 20 Februari 2016

    Dear Admin,

    Ada perhitungan denda dan bunga tidak ya? Terima kasih.

    Salam,
    Barkah

    Balas

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *