Type to search

Sekitar Kita

Awal Tahun 2016, PHK Di Bekasi Capai 188 Ribu Orang

Share
Ilustrasi.

Ilustrasi.

Bekasi | Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Bekasi Kota, mencatat jumlah permintaan klaim pembayaran tunjangan Jaminan Hari Tua (JHT) pada bulan Januari 2016, sebanyak 188.669 orang. Alasan permintaan klaim tersebut, diantaranya adalah karena telah diputuskan hubungan kerjanya oleh pengusaha, pensiun, dan mengundurkan diri dari perusahaan.

Hal tersebut, merupakan indikator dari tidak dapat dihindarinya gelombang PHK pada awal tahun 2016. Sehingga, pembayaran klaim JHT, terkadang menjadi harapan terakhir bagi para pekerja, setelah tidak lagi mendapatkan upah karena berhenti bekerja.

Untuk permintaan klaim dengan nilai jaminan Rp1.450 triliun tersebut, diantaranya adalah dengan alasan di-PHK sebanyak 36.441 orang. Sedangkan akibat pemutusan hubungan kerja karena mengundurkan diri sebanyak 148.124 orang, dan pemutusan hubungan kerja dengan alasan pensiun sebanyak 4.104 orang.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, disepanjang 2015, BPJS Ketenagakerjaan Cabang Bekasi Kota hanya mencatat sebanyak 31.403 permintaan klaim JHT, atau jika dirata-rata 100-an permintaan klaim perhari.

Menurut Agus Susanto, Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan dalam kunjungannya ke kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Bekasi Kota, dirinya berusaha mengutamakan pelayanan kepada peserta pada awal masa jabatannya, dan berjanji akan berusaha semaksimal mungkin memberikan solusi, agar peserta mendapatkan pelayanan yang maksimal.

“Pelayanan yang maksimal dan berkualitas tinggi dapat memberikan pengalaman yang baik kepada para peserta, dan ini menjadi tugas kami untuk mengutamakan pelayanan,” ujar Agus dalam keterangan resminya, Senin (29/2) kemarin. (***Ys)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *