Selasa, 15 Oktober 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
376

Bekerja di Bagian Cutting, PHI Nilai Kontrak Sah

Ilustrasi.
Ilustrasi.

Bandung | Gugatan Edi Sudrajat yang ditempatkan pada bagian cutting di PT. Dong Yang Nisusindo, ditolak seluruhnya oleh Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Bandung, Rabu (6/1/2016) lalu. Dalam amar putusannya, PHI Bandung menyatakan perjanjian kerja waktu tertentu yang dibuat antara pekerja dengan perusahaan sah dan mengikat demi hukum.

Majelis Hakim PHI Bandung yang diketuai oleh Hakim Suwanto, dalam amar putusan No. 136/Pdt.Sus-PHI/2015/PN.Bdg, juga menolak tuntutan bekerja kembali yang diajukan Edi, dengan menyatakan hubungan kerja antara pekerja dengan perusahaan yang berlokasi di Desa Cipendeuy, Kabupaten Subang berakhir sesuai dengan Pasal 61 huruf b Undang-Undang No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan.

Perjanjian kerja yang dibuat keduanya pada 22 Nopember 2012, untuk jangka waktu selama 2 (dua) tahun, yang berakhir tanggal 22 Nopember 2014, dianggap tidak bertentangan dengan ketentuan Pasal 59 ayat (1) dan ayat (2) UU 13/2003. Sebab, menurut Hakim Suwanto, jenis kegiatan yang diproduksi oleh perusahaan label sarung tangan motor, jaket dan tas tersebut, tergantung pada pesanan dari customer.

“Majelis Hakim berkesimpulan, perusahaan memproduksi dengan jenis yang berbeda-beda tergantung pesanan, yang jenis pekerjaannya sekali selesai untuk memenuhi pesanan dengan jumlahnya dan bentuk tertentu tergantung pesanan dari costumer, serta jangka waktu penyelesaiannya telah ditentukan tergantung pada kebutuhan bersifat sementara yang bukan merupakan pekerjaan terus menerus, yang tidak dapat diprediksi berapa banyak pekerja harus mengerjakan order karena semuanya tergantung order baik jumlah, jenis produksi maupun jangka waktunya,” tandas Hakim Suwanto. (YS)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of