Senin, 18 November 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
511

Infrastruktur Buruk, Berpotensi Beri Dampak Negatif Pekerja dan Pengusaha

Jalan Pahlawan, Desa Sanja, Kec. Citeureup, Kab. Bogor.
Jalan Pahlawan, Desa Sanja, Kec. Citeureup, Kab. Bogor.
Jalan Pahlawan, Desa Sanja, Kec. Citeureup, Kab. Bogor.

Bogor | Sebagai bagian dari infrastruktur fisik, jalan merupakan sarana utama dalam mendukung kelancaran aktifitas ekonomi masyarakat, yang juga diantaranya terdiri dari sektor industri, yaitu pekerja dan pengusaha. Buruknya sarana penunjang tersebut, akan dapat dipastikan berdampak pada terganggunya pengiriman bahan baku sampai ke pabrik, serta pendistribusian produk hingga ke pasar dan konsumen.

Kondisi demikian, juga dapat mengakibatkan bertambahnya jadwal penggantian sparepart kendaraan yang mengangkut bahan baku dan hasil produksi, serta menimbulkan peningkatan konsumsi jumlah bahan bakar minyak lebih banyak. Meski hal itu merupakan bagian dari resiko industri, namun bagi pengusaha, alokasi anggaran yang seharusnya dapat dipergunakan untuk pengeluaran produksi yang lebih penting, menjadi meningkat.

Pembangunan jalan kota atau kabupaten dalam satu wilayah tingkat II, seharusnya menjadi fokus bagi pemerintahan daerah dan menganggapnya sebagai investasi jangka panjang. Sebab, tingkat kelayakan jalan dapat juga berakibat pada tingginya angka kecelakaan, khususnya bagi pekerja yang hendak pergi atau pulang dari tempat bekerjanya. Belum lagi dengan dampak kemacetan saat jam berangkat kerja pada pagi hari, yang dapat menyebabkan keterlambatan bagi pekerja.

Sebut saja, jalan yang menghubungkan antara Kecamatan Citeureup dengan Babakan Madang, Kabupaten Bogor melalui Jl. Pahlawan. Terdapat 3 (tiga) titik ruas jalan yang rusaknya hampir 80%, yaitu di sepanjang jalan BTN menuju Kawasan Industri Branta Mulia, kemudian jalan raya yang melintasi Desa Sanja, dan sekitaran pertigaan jalan menuju kawasan sirkuit sentul. Kerusakan jalan yang lebih kurang sepanjang 2 kilometer tersebut, merupakan satu-satunya penghubung dua kecamatan, yang kerap kali dilalui oleh kendaraan industri dan pekerja yang bermukim diwilayah itu. (HZ)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of