Senin, 23 September 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
504

Pasal Pengembalian Uang Jadi Dasar Penyelesaian Pemutusan Hubungan Kerja

Ilustrasi. (foto: fajar.co.id)
Ilustrasi. (foto: fajar.co.id)

Bandung | Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Bandung, Rabu (16/3/2016), menyatakan menolak untuk seluruhnya gugatan yang diajukan oleh Anton, dkk (21 orang) terhadap PT. Harapan Surya Lestari, yang merupakan perusahaan minuman ringan dalam kemasan.

Melalui Putusan No. 239/Pdt.Sus-PHI/2015/PN.Bdg, Majelis Hakim yang diketuai oleh Hakim Suwanto menegaskan terpenuhinya unsur hubungan kerja antara pekerja dengan perusahaan yang berlokasi di Jl. Raya Narogong, Km.13, Bantar Gebang, Kota Bekasi itu, adalah bersesuaian dengan Pasal 10 ayat (3) Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi No. Kep-100/Men/VI/2004, tentang syarat kualifikasi pekerja harian lepas.

Sebab, upah yang diterima oleh Anton dkk tergantung jumlah hari kerja, yang dalam jangka waktu dua minggu tidak bekerja setiap hari, yaitu antara 5-10 hari kerja yang tidak melebihi 21 hari dalam sebulan. Lebih lanjut Hakim Suwanto menyatakan, bahwa Anton sebagai Penggugat, tidak dapat membuktikan dirinya telah bekerja lebih dari 21 hari dalam sebulan selama 3 bulan berturut-turut atau lebih.

Selain itu, Hakim Suwanto juga menganggap hubungan kerja antara pekerja dengan pengusaha telah berakhir, dengan diterimanya uang kebijaksanaan sebesar Rp.300 ribu perorang, yang telah diberikan kepada ketua serikat pekerja atas dasar adanya kesepakatan berdasarkan kemampuan perusahaan. “Setelah menerimanya, para Penggugat tidak pernah mengajukan keberatan dengan cara mengembalikan kepada Tergugat sesuai dengan ketentuan Pasal 1360 KUHPerdata, yang pada pokoknya menyiratkan, apabila para Penggugat keberatan terhadap sesuatu yang diterimanya, diwajibkan mengembalikan uang yang sudah diterima,” tandasnya.

Dengan demikian, Anton dan kawan-kawannya yang menyatakan telah bermasa kerja rata-rata selama 6 (enam) tahun itu, dianggap oleh PHI Bandung tidak dapat membuktikan dalil-dalil gugatannya. “Oleh karena dalil-dalil para Penggugat tidak terbukti, dan haruslah Majelis Hakim menyatakan menolak gugatan para Penggugat untuk seluruhnya, serta membebankan biaya perkara kepada para Penggugat,” ujar Hakim Suwanto. (YS)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of