Rabu, 17 Juli 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
885

Satpam Dipecat Karena Tidur Saat Bertugas, PHI: Berhak Atas Pesangon

Ilustrasi.
Ilustrasi.

Bandung | Gugatan pemutusan yang diajukan oleh Wawan Suswansyah terhadap PT. Laju Makmur Sentosa di Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Bandung, yang didaftarkan sejak 12 Agustus 2015 lalu, akhirnya dikabulkan sebagian.

Dalam amar putusannya, PHI Bandung menyatakan Wawan yang baru bekerja selama 8 (delapan) bulan berhak atas uang pesangon, dan uang penggantian hak sebesar Rp.12 juta. Selain itu, Majelis Hakim yang diketuai oleh Hakim Maringan Marpaung, juga menghukum perusahaan untuk membayar upah proses selama 8 (delapan) bulan, dan tunjangan hari raya keagamaan tahun 2015.

Meskipun ketahuan tidur saat sedang bertugas pada 1 Mei 2015, Wawan yang merupakan anggota satuan pengamanan (satpam) di perusahaan yang berlokasi Jl. Industri IV, No.6, Kota Cimahi itu, tidaklah dapat dikualifikasikan telah mengundurkan diri, tegas Hakim Maringan, Selasa (5/1/2016) lalu saat membacakan pertimbangan hukum dalam perkara No. 154/Pdt.Sus-PHI/2015/PN.Bdg.

Menurut Hakim Maringan, dengan tidak diberikannya surat peringatan sesuai Pasal 161 Undang-Undang No. 13 Tahun 2003, atas pelanggaran yang dilakukan Wawan, maka pemutusan hubungan kerja yang dilakukan perusahaan pada 5 Mei 2015 dikategorikan dengan alasan efisiensi.

“Majelis Hakim berpendapat putusnya hubungan kerja antara Penggugat dengan Tergugat dapat dikualifikasikan Tergugat melakukan tindakan efisiensi sebagaimana Pasal 164 ayat (3) Undang-undang Nomor 13 Tahun 2003. Maka dengan demikian terhadap petitum Penggugat haruslah dikabulkan,” tegas ia. (YS)

1
Leave a Reply

avatar
1 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
1 Comment authors
Barkah Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Barkah
Guest

Dear RR,

Hadew….hari gini… Hakim masih pakai pasal 164 ayat (3) UU 13/2003 dengan alasan efisiensi BUKAN karena perusahaan tutup permanen.

Salam,
Barkah