Type to search

Berita

Guru Dikontrak Selama 31 Tahun, PHI Tetapkan Sebagai Guru Tetap

Share
Ilustrasi. (foto: spm.formmit.org)

Ilustrasi. (foto: spm.formmit.org)

Medan | Setelah 31 tahun lebih dipekerjakan sebagai guru tetap, akhirnya Marhulalan Hutauruk ditetapkan oleh Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Medan, sebagai guru tetap terhitung sejak adanya hubungan kerja pada tahun 1984. Meski tidak lagi dianggap sebagai guru di Perguruan Kristen Immanuel Medan sejak 19 Juni 2015, setidaknya masa pengabdian Hutauruk selama puluhan tahun tidak lenyap begitu saja.

Hutauruk pada 9 Oktober 2015 lalu, mengajukan gugatan terhadap Perguruan Kristen Immanuel ke PHI Medan, dengan tuntutan pokok yaitu, ditetapkan sebagai pekerja tetap, pembayaran upah selama tidak lagi dipekerjakan, dan bekerja kembali. Dalam putusan bernomor : 185/Pdt.Sus-PHI/2015/PN.Mdn, Hutauruk yang telah ditetapkan sebagai guru tetap dinilai telah memasuki usia pensiun sejak Januari 2015.

Dengan demikian, Majelis Hakim PHI Medan yang diketuai oleh Hakim Fauzul Hamdi berpendapat, permintaan bekerja kembali Hutauruk tidaklah dapat dipertimbangkan. “Majelis Hakim berpendapat antara Penggugat dan Tergugat, sudah tidak harmonis lagi dan hubungan kerja tidak dapat diteruskan dan diperpanjang serta dilanjutkan, sehingga hubungan kerja putus dengan alasan Pekerja sudah memasuki usia pensiun,” tegasnya, Senin (1/2/2016).

Terhadap pertimbangan hukum tersebut, Perguruan Kristen Immanuel yang berlokasi di Jl. Slamet Riyadi, No. 1, Medan itu, dihukum untuk membayar uang pesangon yang seluruhnya berjumlah sebesar Rp.74,7 juta, ditambah upah proses selama 6 (enam) bulan sebesar Rp.13,9 juta. (YS)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *