Minggu, 21 Juli 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
509

PKB Daluarsa, PHI: Perusahaan Tak Dapat Jadikan Alasan Pemberian SP

Ilustrasi. (gambar: aktual.co)
Ilustrasi. (gambar: aktual.co)

Medan | Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Medan, tidak membenarkan pemberian Surat Peringatan (SP) yang didasarkan pada Perjanjian Kerja Bersama (PKB) yang telah berakhir masa berlakunya, demikian dikatakan Hakim Mahyuti, Senin (7/12/2015) lalu.

Menurutnya selaku Ketua Majelis Hakim yang memeriksa dan mengadili perkara yang diregisterasi dengan No. 175/Pdt.Sus-PHI/2015/PN.Mdn tersebut, PKB PT. Canang Indah yang berlokasi di Jl. PLTU Pulo Sicanang Belawan, Medan itu, hanya berlaku untuk masa periode tahun 2009 hingga tahun 2011, dan tidak diperpanjang.

“Sehingga sanksi akibat kesalahan dan pelanggaran yang diberikan kepada Tergugat yang dapat disandarkan kepada PKB adalah Surat Peringatan yang Penggugat berikan kepada Tergugat hanya sebatas yang terjadi pada tahun 2009 hingga 2011, namun untuk kesalahan dan pelanggaran serta sanksi yang diberikan setelah tahun 2011 tidak dapat disandarkan lagi kepada PKB tahun 2009-2011 sebagai aturan yang mengikat,” tegas Hakim Mahyuti.

Terhadap hal demikian, menurut Hakim Mahyuti, tidak semua SP yang diberikan kepada pekerja PT. Canang Indah, Dodot Maurid Sihombing, dapat dibenarkan. Oleh karenanya, tindakan Sihombing yang didalilkan oleh perusahaan selaku Penggugat melakukan kesalahan berat berdasarkan PKB yang telah daluarsa, tidaklah dapat dipertimbangkan.

Atas pertimbangan hukum tersebut, PT. Canang Indah dihukum untuk membayar kepada Sihombing yang telah bekerja selama 15 tahun, berupa uang pesangon, uang penghargaan masa kerja dan uang penggantian hak sesuai ketentuan Pasal 156 ayat (2), ayat (3) dan ayat (4) Undang-Undang No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, sebesar Rp.58,9 juta. (HZ)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of