Rabu, 17 Juli 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
587

19 Tahun Menjadi TKI Tanpa Kabar, DPRD Cilacap Datangi P4TKI

Ilustrasi. (gambar: koranmuria.com)
Ilustrasi. (gambar: koranmuria.com)
Ilustrasi. (gambar: koranmuria.com)

Cilacap | Sembilan belas tahun tanpa kabar, orang tua Siti Mungiyah BT Kamali, Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Desa Karang Jengkol, Kesugihan Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, dengan didampingi oleh Anggota DPRD Kabupaten Cilacap, datangi Pos Pelayanan Penempatan dan Perlindungan TKI (P4TKI) Cilacap, di Jl. Soekarno Hatta No. 144, untuk mengadukan permasalahan yang dialami  oleh Siti Mungiyah yang bekerja selama 19 Tahun tanpa kabar, Senin (23/5/2016) lalu.

Menurut Darimun yang berasal dari Fraksi PDIP-DPRD Cilacap itu, Siti Mungiyah diberangkatkan melalui PT. Avco Jaya Manunggal pada 1997. Namun sejak tahun 2005 sampai sekarang, pihak keluarga Siti Mungiyah belum pernah mendapatkan kabar tentang keberadaannya, padahal berbagai upaya sudah dilakukan dan sudah berkirim surat ke Presiden Joko Widodo.

“Saya berharap kepada P4TKI Cilacap, supaya dapat membantu pemulangan atau mencari tahu dan dapat memanggil pihak PT. Avco, meskipun perusahaan tersebut sudah tutup, tapi seharusnya dari pihak yang memberangkatkannya harus bertanggung jawab. Sebab semua dokumen masih berada dipihak  PT. Avco,” ujar Darimun.

Atas pengaduan tersebut, menurut Kepala  P4TKI Cilacap, Ervi, dalam pengecekan sementaranya, nama Siti Mungiyah tidak ada didalam data P4TKI Cilacap, tetapi dari pihak P4TKI akan mengupayakan dan membantu pihak keluarga Siti Mungiyah untuk berkoordinasi dengan pihak Imigrasi, maupun pihak instansi terkait yang menangani permasalahan TKI.

“Saya orang tua Siti Mungiyah sangat berharap kepada Pemerintah supaya dapat membantu mencarikan keberadaan anak saya yang sudah sembilan belas tahun tak kunjung pulang, semoga anak saya bisa pulang dengan selamat dan dapat berkumpul kembali,” ujar orang tua Siti. (Jar)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of