Rabu, 17 Juli 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
992

Buruh Kalahkan Pabrik Ban Mizzle di Pengadilan Niaga, Damai atau Pailit?

Demo buruh PT. Banteng sejak Desember 2013. (foto: tvdesaku).
Demo buruh PT. Banteng sejak Desember 2013. (foto: tvdesaku).
Demo buruh PT. Banteng sejak Desember 2013. (foto: tvdesaku).

Bogor | Melalui Putusan No. 48/Pdt.Sus-PKPU/2016/PN.Niaga.Jkt.Pst tanggal 24 Mei 2016, PT. Banteng Pratama Rubber yang merupakan perusahaan ban kendaraan bermotor bermerk “Mizzle”, akhirnya diputus dalam keadaan PKPU. Demikian diucapkan oleh Majelis Hakim Pengadilan Niaga pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, yang diketuai oleh Hakim Suko Priyono, atas permohonan PKPU yang diajukan oleh Mohamad Sofyan, dkk (8 orang).

Terhadap putusan tersebut, PT. Banteng tidak dapat mengajukan upaya hukum apapun, selain berdamai dengan para Pemohon yang pernah menjadi pekerjanya itu. Hal tersebut ditegaskan dalam ketentuan Pasal 235 ayat (1) Undang-Undang No. 37 Tahun 2004 tentang Kepailitan dan Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU). Sehingga, dengan kata lain, tidak ada pilihan bagi PT. Banteng dalam tenggang waktu 45 hari kedepan untuk berdamai agar terhindar dari putusan pailit.

Sebagai bagian dari mekanisme kepengurusan PKPU, Kurator PT. Banteng yang terdiri dari Rochmad Herdito, Pangeran Andrew Hutapea dan Ramos Lecopnata Pardede, telah menentukan rapat kreditor pertama pada Kamis, 2 Juni 2016, dan akan disusul dengan rapat pencocokan piutang pada 23 Juni 2016, yang dilanjutkan dengan rapat rencana perdamaian pada 30 Juni 2016.

Sebelumnya, Mohamad Sofyan, dkk tak terima di-PHK sepihak, dan mereka terpaksa membawa persoalan ketenagakerjaan ke Pengadilan Niaga, akibat pemutusan hubungan kerja (PHK) sepihak yang dilakukan oleh perusahaan berlokasi di Citeureup, Bogor itu, sejak awal tahun 2013. PT. Banteng dinilai telah sengaja tidak bersedia melaksanakan putusan Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Bandung, yang memenangkan mereka, sehingga terhadap perintah dalam putusan tersebut merupakan kualifikasi dari utang yang dapat ditagih. (Haf)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of