Kamis, 14 November 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
2.441

Customer Service & Teller Bank Tak Boleh Diperjanjikan Kontrak

Ilustrasi. (gambar: www.becomeabankteller.com)
Ilustrasi. (gambar: www.becomeabankteller.com)
Ilustrasi. (gambar: www.becomeabankteller.com)

Padang | Dengan mendasarkan pada Peraturan Bank Indonesia No. 13/25/PBI//2011, Pasal 4 ayat (2), Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Padang membatalkan Perjanjian Kerja  Waktu Tertentu, yang dibuat antara PT. Bank Rakyat Indonesia dengan Vicha Zusya Putri.

Menurut PHI, pekerjaan yang dijabat oleh Vicha sebagai customer service dan teller di Bank BRI cabang Padang sejak Nopember 2012, merupakan pekerjaan pokok dari suatu bank yang tidak dapat diperjanjikan dengan perjanjian waktu tertentu (kontrak). “Oleh sebab itu perjanjanjian tersebut batal demi hukum, sehingga perjanjian berubah menjadi Perjanjian Kerja Waktu Tidak Tertentu,” ujar Hakim Siswatmono Radiantoro, Senin (29/2/2016) lalu.

Sebelumnya, Vicha keberatan dengan pemutusan hubungan kerja (PHK) yang dilakukan Bank BRI pada 27 Nopember 2014 lalu. Ia mendalilkan dirinya tidak pernah melakukan pelanggaran indisipliener, bahkan dirinya mengaku mendapatkan skor 2,92 dari hasil penilaian yang termasuk kualifikasi baik.

Atas tindakan perusahaan, Vicha menuntut status hubungan kerjanya menjadi pekerja tetap, dengan disertai pembayaran uang pesangon, tunjangan hari raya, dan upah selama tidak dipekerjakan, yang seluruhnya berjumlah lebih dari Rp. 85 juta. Terhadap tuntutan Vicha, PHI Padang dalam putusannya bernomor 20/Pdt.Sus-PHI/2015/PN.Pdg, dalam amarnya selain menyatakan hubungan kerja Vicha menjadi pekerja tetap, tetapi juga menghukum perusahaan membayar hak-haknya sebesar Rp. 46,8 juta. (Haf)

1
Leave a Reply

avatar
0 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
0 Comment authors
Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of