Kamis, 21 November 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
1.301

Dua Kali Kontrak Tanpa Jeda Pembaharuan, MA: PKWT Menjadi PKWTT

Ilustrasi. (foto: poskotanews.com)
Ilustrasi. (foto: poskotanews.com)

Jakarta | Mahkamah Agung (MA) menolak permohonan kasasi yang diajukan oleh Pimpinan Kilang Minyak Pelita, terhadap Putusan Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Medan, No. 12/Pdt.Sus-PHI/2015/PN.Mdn tanggal 25 Juni 2015. Dalam putusan bernomor 699 K/Pdt.Sus-PHI/2015, MA menilai PHI Medan tidak dapat dibenarkan.

Alasannya, adalah PHI Medan tidak salah dalam menerapkan hukum. Sebab, berdasarkan bukti surat kontrak (perjanjian kerja waktu tertentu), perusahaan telah memperpanjang kontrak sebanyak 4 (empat) kali. Dan ternyata setelah kontrak yang kedua berakhir, perusahaan kembali mempekerjakan pekerja dengan perjanjian kontrak tanpa masa tenggang waktu sekurang-kurangnya 30 (tiga puluh) hari.

“Berdasarkan Pasal 59 ayat (7) Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 jo. Pasal 15 ayat (4) Kepmenakertrans Nomor 100/Men/VI/2004, pembaruan yang tidak sesuai ketentuan perundang-undangan berubah menjadi Perjanjian Kerja Waktu Tidak Tertentu,” ujar Hakim Agung Yulius membacakan pertimbangan hukum dalam perkara antara Andri Remenda melawan Pengusaha Kilang Minyak Pelita.

Sebelumnya, perusahaan yang berlokasi di Jl. Yos Sudarso, Kelurahan Sei Merbau, Kecamatan Teluk Nibung, Kota Tanjung Balai tersebut, mendalilkan bahwa PHI Medan telah keliru dan salah dalam  menerapkan hukum. Karena menurut perusahaan, hubungan kerja yang terjadi hanya selama 3 (tiga) tahun, serta tidak melanggar waktu yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003. (Yul)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of