Rabu, 18 September 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
433

Kolektor Tak Lulus Magang, PHI Hukum Pengusaha Bayar Tiga Belas Bulan Upah

Ilustrasi. (gambar: malesbanget.com)
Ilustrasi. (gambar: malesbanget.com)
Ilustrasi. (gambar: malesbanget.com)

Gorontalo | Jefri Koniyo yang baru bekerja selama setahun lebih dua bulan tersebut, kendati tak seluruhnya mengabulkan tuntutan pekerja yang berprofesi sebagai kolektor itu, namun akhirnya Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Gorontalo memerintahkan PT. Nusa Surya Ciptadana Finance, untuk membayar uang pesangon dan upah selama proses selama 11 bulan.

Dalam dalil jawabannya, perusahaan yang berlokasi di Jl. HB Yasin, Kota Gorontalo itu, menyatakan Jefri bukan diputuskan hubungan kerja, tetapi tidak lolos dalam pemagangan. Sedangkan menurut keterangan saksi yang dihadirkan oleh pihak perusahaan, Jefri di-PHK akibat tidak mencapai target.

Terhadap hal tersebut, Majelis Hakim PHI Gorontalo menyimpulkan, bahwa hubungan kerja keduanya dapat dinyatakan berakhir terhitung sejak putusan dibacakan, dengan disertai kewajiban membayar uang pesangon sebesar dua bulan upah, ditambah upah selama 11 bulan upah, yang seluruhnya berjumlah lebih dari Rp. 21 juta.

“Mengabulkan gugatan Penggugat untuk sebahagian,” ujar Hakim Aris Bawono Langgeng, selaku Ketua Majelis Hakim PHI Gorontalo saat membacakan amar Putusan No. 2/Pdt.Sus-PHI/2016/PN.Gto, Rabu (16/3/2016) lalu. (Yul)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of