Type to search

Sekitar Kita

Melaunching Bus Gratis Buruh, Menaker: PP 78 Beri Kepastian Kenaikan Upah Terprediksi Bagi Pengusaha

Share
Menteri Hanif gunakan Popotong saat beri sambutan dalam acara launching bus gratis buruh di Kota Bandung, Minggu (1/5).

Menteri Hanif gunakan Popotong saat beri sambutan dalam acara launching bus gratis buruh di Kota Bandung, Minggu (1/5).

Bandung | Pada peringatan hari buruh internasional, Minggu (1/5) siang, Walikota Bandung, Ridwan Kamil melaunching empat bus gratis untuk buruh. Dalam acara yang digelar di Padepokan Seni Mayang Sunda, Bandung tersebut, Kamil mengklaim dengan penyediaan bus gratis, dapat menekan biaya pengeluaran transportasi para buruh.

“Mensejahterakan tidak selalu menaikkan pendapatan, tetapi bisa juga contohnya dengan menekan biaya transportasi,” ujarnya dihadapan Menteri Ketenagakerjaan, Hanif Dhakiri yang pada acara tersebut disematkan ikat kepala seni khas sunda, totopong. Kamil juga berterima kasih atas kehadiran Menaker, dan ia berharap penyediaan bus gratis bagi buruh dapat menjadi inspirasi kepala daerah lain.

Sebagai bukti keseriusan upaya Pemerintahan Kota Bandung, Kamil memperkenalkan program kesejahteraan buruh kepada Hanif. Kamil klaim pemerintahannya telah memberikan rusun kepada buruh Bandung yang jumlahnya akan terus ditambah setiap tahun. “Kami juga membantu buruh dengan memberikan kredit ‘Melati’ atau melawan rentenir,” tegasnya. Selain itu, menurut pria yang batal mencalonkan dirinya menjadi Gubernur DKI Jakarta 2017 itu, Pemkot Bandung juga meluncurkan program delivery sembako dengan cara cukup mengirimkan pesan singkat.

Menanggapi program Pemkot Bandung, Hanif mengatakan, “Inisiatif baik Kota Bandung bisa menganspirasi daerah lain, agar dapat turut serta memberikan kesejahteraan bagi buruh didaerahnya”. Lebih lanjut ia menegaskan, agar para buruh dapat mengikuti program pelatihan kerja dan perbaikan mutu di Balai Latihan Kerja (BLK).

Menteri Hanif juga meyinggung pemberlakuan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan, yang kini masih menjadi isu penolakan oleh buruh. “Kita sudah berdialog rutin dengan serikat pekerja, berdiskusi dan mencari solusi untuk kesejahteraan buruh,” tambahnya seraya menyatakan bahwa upah pasti akan naik dan pengusaha diberikan kepastian atas kenaikan yang terprediksi.

Diujung sambutannya, Hanif didaulat Ridwan Kamil untuk memukul gong sebagai tanda peresmian diluncurkannya program bus gratis bagi buruh di Kota Bandung. (Yul)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *