Rabu, 18 September 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
463

PKB Hanya Didaftar di Bogor, Mutasi ke Wonogiri Dianggap Tidak Sah

Ilustrasi.
Ilustrasi.

Bandung | Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Bandung, menyatakan mutasi yang dilakukan oleh PT. Libra Permana terhadap Elita Silaban, dkk (4 orang) dari Bogor-Jawa Barat ke Wonogiri-Jawa Tengah, yang didasarkan pada Perjanjian Kerja Bersama (PKB) adalah tidak sah. “Mutasi yang dilakukan Tergugat kepada Para Penggugat adalah tidak sah, karena keberlakuan PKB tersebut tidak menjangkau wilayah Provinsi Jawa Tengah”, tegas Hakim Jonlar Purba di gedung PHI Bandung, Jl. Surapati, No. 47.

Menurut PHI, PKB yang dijadikan sebagai dasar mutasi, tidak terdaftar pada Kantor Direktur Jenderal Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja Kementerian Tenaga Kerja, melainkan hanya didaftarkan di Kantor Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Bogor. “Menimbang, berdasarkan ketentuan Pasal 28 ayat (1) angka 1 Permenakertrans No. 16 Tahun 2011, dan Pasal 31 ayat (1) huruf a Permenaker No. 28 Tahun 2014, PKB tersebut hanya berlaku untuk wilayah Kabupaten Bogor,” lanjut Hakim Jonlar, Rabu (13/4/2016).

Dengan dinyatakan tidak sahnya mutasi yang dilakukan perusahaan, dan Elita juga menghendaki hubungan kerja antara pekerja dengan perusahaan dinyatakan putus. Maka berdasarkan amar Putusan No. 228/Pdt.Sus-PHI/2015/PN.Bdg, PHI Bandung menghukum perusahaan yang berlokasi di Jl. Gagak Raya, Gunung Putri No. 198, Citeureup, Kab. Bogor itu, untuk membayar uang pesangon 2 (dua) kali ketentuan, yang jumlahnya lebih dari Rp. 169 juta. (Yul)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of